13 Dec 2013

11 Langkah Menuju Spbu Pasti Pas

Spbu Pasti Pas adalah merupakan salah satu program Pertamina. Keuntungan yang didapatkan setelah kita mendapat sertifikat juga banyak. Selain dari fee pembelian ketika amprah hingga fee buat rekan-rekan yang bertugas di Spbu.

Spbu Pasti Pas pun dibagi menjadi beberapa tingkatan kategori, seperti Diamond, Gold, Platinum dan seterusnya. tergantung bagaimana mempertahankan Status ini. Tapi banyak juga Spbu yang telah bersertifikat Pasti Pas yang Statusnya diturunkan.

11 Langkah Menuju Spbu Pasti Pas

Jadi, bagi Spbu yang akan melangkah menuju Spbu Pasti Pas atau Spbu yang ingin meraih kembali Status Pasti Pasnya, Sebaiknya persiapkan diri dari sekarang. Karena menyandang predikat Spbu Pasti Pas membutuhkan kerja keras dan kekompakan. Berikut ini beberapa uraian sederhana, sekaligus sebagai pembanding planing-planing Anda ke depannya. Dan semoga bermanfaat bagi kita semua.

Administrasi

Perbaharui selalu Buku Catatan Kualitas (satu buku untuk satu tangki pendam), Buku catatan persediaan BBM (satu buku untuk satu tangki pendam), Laporan harian/Bulanan (totalisator penjualan), tank ticket, Checklist-Cheklist housekeeping yang ada. Jangan lupa untuk menyiapkan juga Slip gaji karyawan. Karena kita tidak tahu kapan waktu berkunjung Auditor. Disarankan agar menjalin hubungan ke sesama Spbu, agar  informasi kedatangan, posisi Auditor, nama Auditor yang akan mengaudit Spbu anda dapat Anda ketahui.

Perlengkapan Pengukuran kualitas dan Kuantitas BBM

Sebaiknya menggunakan alat yang memenuhi standard Pertamina. Seperti Hydrometer untuk masing-masing produk, Gelas Ukur, Thermometer, Kaleng Sample, satu set Bejana Ukur plus Waterpass, hinga takaran di Mesin Pompa harus memenuhi persyaratan. Berada pada posisi 0.0000 ml per sepuluh liter, jika menggunakan bejana ukur 10 liter dan masih ditoleransi hingga batas -0,0020 ml. Dan -0,0020 ml per dua puluh liter, jika menggunakan bejana 20 liter yang ditoleransi hingga -0,0050. Namun biasanya Auditor memakai Bejana 20 liter. Jadi sebaiknya sebelum jadwal Auditor berkunjung ke Spbu Anda. Terlebih dahulu pastikan bahwa takaran pada Mesin Pompa berada di Posisi nol. Ingat untuk selalu berkomunikasi dengan Spbu lain.

Keseragaman Pakaian dan Atribut

Perhatikan Foreman, Cleaning servis, security dan Operator. Untuk Operator, perhatikan apakah memakai topi, kantung uang, Sepatu, Kaos Kaki, ID Card (papan nama operator), nomor Spbu yang terpasang di seragam, pulpen hingga Potongan rambut serta kancing baju, akan diperhatikan oleh Auditor. (penampilan).

Kotak P3K

Letaknya mudah dilihat dan dapat dijangkau serta pendukung yang berada di dalamnya sesuai standard.

Nozzle

Sesuaikan dengan warna Produk yang dijual.

WC

Pada titik ini Auditor memulai penilaiannya. aroma dalam wc, keset untuk tiap ruangnya, tempat sampah, wewangian ruangan, kapur barus, sabun, cermin dan ketersediaan air selalu mengalir.

Oilcatcher

Tidak ditemukannya kotoran di dalamnya. seperti sampah-sampah plastik, dedaunan, puntung rokok dan tumpahan minyak.

Area Pembongkaran

Selang bongkar berada di tempat khusus, deepstik tidak dalam keadaan cacat (bawahnya sudah tumpul), pasta air dan minyak serta dombak-dombak ataupun bak-bak di tangki timbun dan bak bongkar jauh dari tumpahan minyak. Pada titik ini, Auditor memeriksa ketinggian kadar air yang terkandung dalam tangki pendam. Maksimal ketinggian air 5 cm dilihat dari pipa pengisapan dalam tangki, tapi baiknya Anda hilangkan kadar airnya.

Untuk tutup tangki pendam, sesuaikan dengan warna produk dan tidak dalam keadaan pudar, tambahkan pula kode angka pada masing-masing penutup tangki pendam. Ingat untuk memastikan sumur pantau Anda bebas dari rembesan minyak. Dan Area pembongkaran tertutup untuk umum (dipagari). Dan yang terakhir Papan tata cara pembongkaran dalam keadaan baik yakni jelas terbaca.

Penerangan

Tidak didapati satupun penerangan di Spbu yang tidak nyala.

Area Penjualan

Sticker rambu-rambu peringatan seperti dilarang merokok, memotret, matikan kendaraan Anda saat mengisi BBM, penggunaan Handphone, Form keluhan pelanggan, Mesin Print out pembelian konsumen, warna produk pada Mesin sesuai dengan produk yang dijual serta kode warna pada tulisan produk yang berada di atas mesin pompa sesuai dengan produk.

3S Operator (prosedur pelayanan)

Upayakan untuk terus mengingatkan Operator melalui briefing pada pergantian shift. Jangan karena ingin di audit saja sistem prosedur pelayanan ditingkatkan. Tapi kapanpun harus terus dilaksanakan, karena baik buruknya Spbu dilihat dari tingkah laku ujung tombak yang berada di lapangan.

Semoga dapat sedikit bermanfaat. Sekian.