18 Oct 2014

Trik Bekerjasama Dengan Orang Cina Dalam Bidang Usaha

Trik Bekerjasama Dengan Orang Cina Dalam Bidang Usaha - Ini sesungguhnya bukanlah dari pengalaman pribadi, melainkan penuturan langsung dari narasumber yang hingga saat ini telah memiliki beberapa anak cabang perusahaan dan terus berkembang merambah ke bidang usaha-usaha lain. Tentunya kesuksesan yang diraih berkat Do'a dan semangat pantang menyerah yang selalu ditanamkan. (gambar : Google).

Trik Bekerjasama Dengan Orang Cina Dalam Bidang Usaha

Kata orang, "suatu daerah tidak akan mengalami perkembangan signifikan, apabila di daerah tersebut tidak ada orang cinanya".

Anggapan ini apakah benar atau tidak, namun yang pastinya semua memiliki keterkaitan satu sama lain dalam perkembangan ekonomi dalam masyarakat. Ataukah anggapan ini didasarkan karena kebanyakan dari mereka bergerak di satu bidang usaha tertentu bila dibandingkan dengan saudara sebangsanya; Rakyat Indonesia pada umumnya.

Orang cina dikenal handal dalam hal memanejen keuangan. Ia lebih mendahulukan menghabiskan barang-barang yang ada ketimbang mengeluarkan uang untuk membeli barang. Berawal dari sinilah narasumber memulai perjalanan usahanya. Bermula sebagai kurir/pengantar barang orang cina dari satu toko ke toko yang lain. Karena ketepatan jadwal pengantaran barang ditambah ucapan sesuai dengan hasil kerja di lapangan membuat si orang cina tersebut mulai percaya.

Beberapa waktu kemudian beliau tidak lagi menjadi kurir. Berbekal kepercayaan dari orang cina tadi, Ia pun mencoba menjualkan barang-barang dari toko orang cina tersebut di luar daerah dan hasilnya bisa dikatakan memuaskan.

Untuk lebih menyakinkan lagi, bahwa beliau orangnya dapat dipercaya. Beliau meminjam uang untuk modal usaha sekitar 10-jutaan dan mengatakan bahwa uang yang dipinjam ini akan dikembalikan dalam kurung waktu satu bulan lamanya. Pinjaman uang sebesar 10-jutaan tidak beliau apa-apakan, ia hanya menyimpannya di Bank hingga batas waktu pengembalian pinjaman uang.

Kepercayaan telah didapatkan, lalu beliau menawarkan kerjasama, di mana si orang cina sebagai pemilik modal sedangkan beliau ini sebagai pelaksana dari usaha yang beliau ajukan.

Dari apa yang pernah saya saksikan saat di luar kota bersama beliau. Setiap selesai shalat, beliau selalunya membuat/menulis catatan di selembar kertas yang berisikan point-point kegiatan yang nantinya beliau lakukan. Dari hal-hal kecil seperti sikat gigi, karoke-an, bertemu teman hingga bertemu dengan rekan bisnis.

Trik meja makan seringkali beliau lakukan seperti trik yang kerapkali juga diterapkan oleh Presiden RI yang ke-7 Bapak IR. H. Joko Widodo, jika ada sesuatu yang ingin dibicarakan dengan masyarakat saat menjabat sebagai Gubernur perihal pembebasan lahan ini ataupun pembebasan lahan itu.
Selalu Adajalan menuju kesuksesan. Langkah awal adalah kuncinya, kelapangan hati serta kesabaran adalah tiangnya dan Do'a adalah senjata ampuh bagi pemegangnya. Oranglain bisa, mengapa kita tidak bisa..!(Narasumber).