21 Jan 2015

Cara Mendirikan Organisasi KPA

Gambaran Cara Mendirikan Organisasi Pemuda"Jangan tinggalkan jejak kecuali gambar"; Salam Rimba..! Masih Hijau? Alhamdulillaah.. Walaupun dapur-dapur magma gunung Nusantara semakin hari makin memanas, tentunya tak menyurutkan langkah sahabat-sahabat alam tuk terus menapaki punggungnya. Melalui tulisan ini, mengajak sahabat-sabahat alam yang masih aktif di jelajah rimba (mountenering, caving, climbing), agar tetap memperhatikan keselamatan diri. Dan bagi sahabat-sahabat alam yang masih gentanyangan belum memiliki organisasi pencinta alam sendiri. Di sini akan sedikit menginformasikan kepada Anda bagaimana - Cara Mendirikan Organisasi KPA (Kelompok/Komunitas Pencinta Alam).

UU nomor 8 Tahun 1985 tentang Organisasi Kemasyarakatan; Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 18 tahun 1986 tentang Pelaksanaan UU nomor 8 Tahun 1985 serta Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 5 tahun 1986 tentang Tata Cara Pemberitahuan Kepada Pemerintah, merupakan landasan pendirian sebuah organisasi kepemudaan. (Apabila belum berubah)

Langkah Pertama

Sebagai langkah awal tentukan nama organisasi dan lokasi sekretariat, kemudian susun/buat Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) organisasi. Anda dapat mengambil contoh AD/ART dari organisasi lain kemudian sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Lalu buat susunan struktur organisasi yang terdiri dari Penasehat, Pelindung dan Pelaksana Harian Organisasi. Pelaksana Harian Organisasi sendiri disusun dari Ketua, Sekretaris, Bendahara serta Divisi-Divisi.

Divisi-divisi ini terbagi lagi; ada divisi Mountenering (gunung), Caving (susur goa) dan Climbing (Panjat tebing) atau sesuaikan dengan kebutuhan kegiatan Anda. Untuk penasihat dan pelindung organisasi bisa terdiri dari beberapa orang. Pun sebaiknya melibatkan orang yang mempunyai pengaruh dengan cara menyurat, melobi atau mendatangi langsung orang tersebut. Agar langkah awal berjalan secara efektif, terlebih dahulu bentuk Tim inti pembentukan organisasi.

Langkah Kedua

Ambil surat pengantar untuk ke Kelurahan/Desa dari ketua RT/RW. Atau Buat format surat sendiri yang berisikan pernyataan bahwa di lingkungan Kelurahan/Desa benar akan dibentuk/ada organisasi (rekomendasi); yang nantinya surat ini ditandatangani oleh Kepala Lurah/Desa Anda. Lampirkan susunan struktur kepengurusuan organisasi dan AD/ART.

Disusunan kepengurusan/struktur organisasi yang dilampirkan ini, masukkan pula nama Kepala kelurahan/Desa Anda (sekaligus melobi, meminta beliau masuk di dalam kepengurusan organisasi). Tujuannya agar memudahkan kepengurusan administrasi, juga apabila ada dana khusus pemberdayaan pemuda dapat dengan mudah Anda dapatkan

Dalam format/isi surat pernyataan untuk kepala kelurahan/desa, ada tembusan surat yang ditujukan kepada ketua RT/RW Anda. Selanjutnya saat membawa surat ini, sebaiknya bertemu langsung dengan kepala kelurahan/desa Anda.

Sedikit Catatan Penting Buat Sahabat-Sahabat Alam,Bahwa kepengurusan di dalam pemerintahan, apakah itu sahabat ingin membuat sebuah kegiatan organisasi dan sebagainya. Mulailah dari yang tertinggi. Anda akan memahami sendiri jika Anda telah menjalaninya tutik

Langkah ke Tiga Jika semua telah lengkap; ada AD/ART yang di dalamnya ada struktur organisasi, tujuan, visi/misi dan seterusnya. Selanjutnya buat format surat yang ditujukan kepada kepala pemerintah seperti Bupati/walikota setempat melalui instansi/dinas pemerintahan KESBANGLINMAS (Bakesbang). Dalam lampiran surat, sertakan juga surat rekomendasi dari kelurahan/desa termasuk AD/ART Anda.

Cara Mendirikan Organisasi KPA
Isi surat; perihal permohonan pendaftaran/pembentukan organisasi, agar organisasi Anda tercatat di pemerintahan. Gambar di samping adalah merupakan dua organisasi yang proses pendiriannya menggunakan cara ini. Organisasi pertama yaitu Organisasi Pencinta Alam dan Organisasi kedua di bidang Seni dan Budaya (Sekarang sudah tidak aktif). Saat pembuatan dua organisasi tersebut, tidak ada biaya administrasi apapun dari dinas terkait dan terbilang cukup mudah. Selama Anda mau bertanya dan bergerak.

Setelah itu, masukkan permohonan di bagian administrasi umum. Catat nama orang yang menerima permohonan Anda dan tunggu dua sampai tiga hari. Biasanya karena banyaknya persuratan masuk, permohonan mungkin saja akan diabaikan. Jadi Anda harus terus memantau apakah permohonan sudah berada di meja kepala dinas.

Jika ada kendala atau di bagian administrasi mengulur-ulur waktu. Tanyakan apakah kepala dinas ada di ruangannya. Dengan begini, orang yang menerima permohonan Anda akan merasa was-was. Namun jika berjalan sesuai rencana, maka Anda akan menerima Lembaran Surat Keterangan, bahwa organisasi Anda sudah tercatat di pemerintahan dengan nomor surat keterangan terdaftar dan nomor urut organisasi yang tertulis di lembaran tersebut.

Adapun informasi terakhir yang didengar bagaimana Cara Mendirikan Organisasi KPA atau organisasi apapun itu, saat ini seperti mendirikan sebuah CV atau LSM, mesti mempunyai NPWP sendiri dan menghadap notaris untuk dibuatkan akta pendirian. Lalu akta pendirian tersebut dibawa ke BAKESBANG untuk didaftarkan. Padahal Organisasi Kepemudaan landasan tujuannya bukan untuk mencari uang/penghasilan, tapi lebih kepada sarana penyaluran jiwa pemuda yang mudah berontak dengan keadaan.

Namun jika Anda bingung dengan prosedur pendirian organisasi. Silahkan dibantu orang yang lebih berpengalaman. Tapi sahabat harus ingat, Anda kehilangan moment seru membuat organisasi sendiri. Bila diibaratkan, mendaki gunung yang belum pernah didatangi. Semoga sukses..!