26 Apr 2015

Bagian - Bagian Mesin Pompa Spbu

Mesin dispenser pompa Spbu dibagi menjadi 2 (dua). Ada mesin pompa yang cara kerjanya mendorong cairan BBM dan ada yang sistem kerjanya menghisap cairan BBM dari tangki pendam. Bagian - Bagian Mesin Pompa Spbu - untuk pompa dorong terletak di dalam bak tangki pendam. Terpisah dengan badan dispenser tempat membeli BBM.

Sedangkan mesin jenis pompa hisap berada di dalam badan/bodi dispenser tempat membeli BBM. Jenis pompa hisap buatan jepang (Tatsuno) di bawah ini yang akan diurai secara garis besarnya saja. Pun untuk model, bentuk, bagian-bagian serta fungsi mesin pompa pada umumnya sama. Meskipun mesin pompa ada yang buatan dari Korea, Jerman dan seterusnya.
Bagi rekan-rekan Spbu yang ingin mencoba memperbaiki/mengganti as pompa yang sudah aus. Dan buat Adik-Adik Mahasiswa yang sedang menyusun tugas tentang alat ukur. (Foto/Gambar Google Search).
Pompa Hisap

Bagian - Bagian Mesin Pompa Spbu Bagian - Bagian Mesin Pompa Spbu

Gambar di atas adalah mesin pompa dengan menggunakan 6 nozzle, di mana tiap mesin mewakili 2 nozzle. Dan tiap mesin meng-hisap cairan BBM di satu tangki pendam (satu mesin, satu tangki pendam). Nomor 1 (satu) = Mesin Penghisap, Nomor 2 (dua) = Dinamo pompa. Nomor 3 (tiga) = Flowmeter.

Flowmeter berfungsi sebagai pengatur takaran cairan BBM yang keluar melalui moncong nozzle. Nomor 4 (empat) = Selenoid Valve, berfungsi sebagai penerjemah antara permintaan pembeli (elektrik, panel display pompa) dengan cairan BBM yang akan keluar dari mesin pompa.

Dan Nomor punggung 5 (lima) = lupa namanya (travo?), berfungsi sebagai bodyguard, apabila ada tekanan/loncatan listrik dari luar dispenser yang mencoba mengganggu sistem kelistrikan (elektronik) di dalam dispenser pompa. Nomor punggung 5 (lima) ini diibaratkan baju (istilahnya, apa-apalah) bagi rumah yang disewa untuk bermain gaple, bila ada penggerebekan polisi, nah.. si nomor punggung 5 (lima) yang ditangkap, bukan yang bermain gaple-nya.

Selenoid Valve (4), Mesin Pompa Hisap tampak depan (1) dan Flowmeter (3)

Bagian - Bagian Mesin Pompa Spbu Bagian - Bagian Mesin Pompa Spbu

No image, tali pambel yang menghubungkan antara Roda Dinamo dan Roda Mesin

Bagian - Bagian Mesin Pompa Spbu Bagian - Bagian Mesin Pompa Spbu

Isi Dari Mesin Pompa Hisap, Nomor 1 (satu). Ada Gir Bintang David dan Bulan Sabit

Bagian - Bagian Mesin Pompa Spbu Bagian - Bagian Mesin Pompa Spbu

Jika ingin mengganti as pompa yang melekat pada anker dan filter cairan BBM (saringan halus dan saringan kasar). . Gambar yang sebelah kiri = as + anker. Gambar yang sebelah kanan, yakni filter cairan BBM pompa. Di as pompa ada per (no image).

Bagian - Bagian Mesin Pompa Spbu Bagian - Bagian Mesin Pompa Spbu

Apabila membuka Bagian - Bagian Mesin Pompa, sebaiknya ketika dikeluarkan dari wadahnya, susun menurut urutannya. Jika saat pemasangan kembali roda tidak mau berputar, lumasi dengan minyak solar. Mungkin akan membutuhkan waktu yang lama saat pemasangan kembali.

Untuk pembersihan filter, jangan membiasakan membuka mur yang ada di bawah mesin. Pun saat mengencangkan baut, cukup dua kali bunyi saja. Apabila sudah terlihat rembesan cairan BBM, segeralah mengganti perpaknya (buat cetakan/duplikat) demi menjaga hal-hal yang tidak diinginkan. Sekian