1 Jul 2015

Penyebab Dinamo Pompa Dispenser BBM Sering Panas dan Berasap

Penyebab Dinamo Pompa Dispenser BBM Sering Panas dan BerasapMenurut salah satu teman, bahwa mengelolah sebuah Spbu bisa dibilang gampang - gampang susah. Terkadang kita dihadapkan dengan kondisi di mana kita jangan sampai lari dari masalah yang dihadapi, sesulit apapun itu. Karena di balik kesusahan, pasti di situ ada hikmah yang didapatkan. Memang kendala bukan saja dari dalam Spbu, namun kebanyakan datangnya dari luar.

Kata beliau; seringkali berurusan dengan aparat, akibat kelakuan teman - temannya sendiri yang memang mencoba bermain api. Sampai - sampai berlagak pahlawan 'pasang badan' demi kelangsungan aktifitas di Spbu. Dua kali dibuatkan BAP (berdarmawisata di hotel prodeo). Untung saja sifat Minyak Solar licin alias UUD.

Penyebab Dinamo Pompa Dispenser BBM Sering Panas dan Berasap

Tentang permasalahan di atas, rekan - rekan juga mungkin pernah mengalaminya. Seperti apa yang telah dituturkan oleh teman di atas tadi. Tapi cukuplah sampai di sini saja, berhubung katanya masih banyak pengalaman seru saat berada di lingkungan Spbu. Dan tulisan singkat ini sekadar menjawab pertanyaan dari salah satu rekan di Spbu, mengenai permasalahan terkait dengan dinamo pompa dispenser beliau yang sering panas dan berasap.

Pertanyaan:
Mas.. saya punya mesin merek Wayne Dinamonya. Sering panas dan berasap.. Kalau saya mau ganti dinamonya dengan yang ada di pasaran biasa dengan ukuran yang sama. Apa boleh tidak membahayakan? Atau ada khusus dinamo buat mesin dispenser minyak?

Jawaban:

Sebenarnya untuk masalah yang satu ini kurang paham Mas.. tapi coba Mas Asep periksa dinamonya.. biasanya kalau kondisi dinamo seperti yang mas tanyakan.. kendalanya karena anker lecet, atau lahar dinamo tidak mau berputar

Pada penutup belakang dinamo ada lahar. Kalau diputar dengan menggunakan tangan terdengar bunyi krek - krek, berarti Anker. Bila terdengar suara kresek - kresek, berarti laharnya yang pecah.. Akibatnya, dinamo berat berputar dan akan mengeluarkan asap.

Selanjutnya, tergantung mas asep saja apa mau diganti atau diperbaiki.. Jika diperbaiki, kemungkinan perhatian Mas akan sedikit tersita ke dinamo. Praktisnya sebaiknya diganti saja SESUAI dengan mesin dispenser, kalaupun bila memakai merk selain dari merk yang Mas Asep sebutkan juga tidak membahayakan selama dudukannya sama/pas dengan bodi.. Pada intinya cara kerjanya sama.

Demikian jawaban dari - Penyebab Dinamo Pompa Dispenser BBM Sering Panas dan Berasap dituliskan, semoga bermanfaat, utamanya bagi anda yang kebetulan mengalami hal yang sama. Dan telah dikonfirmasi ulang/cocokkan dari teknisi yang paham tentang cara kerja dinamo. sekian, Wassalam.