27 Sept 2015

Cara Cepat Mengenal Kunci Palang Gitar

Pada tulisan sebelumnya, disitu hanya digambarkan beberapa kunci dasar yang biasa dipakai yang dirubah ke bentuk tindisan palang. Dan uraian singkat berikut nantinya akan sedikit membuka pemahaman Anda utamanya bagi teman-teman yang baru belajar gitar dan ingin mengetahui lebih jauh tentang chord-kunci gitar palang.

Cara Cepat Mengenal Kunci Palang Gitar

Model 1; Jari telunjuk bersandar pada besi kress (#) dan menekan semua tali senar. Tidak di atas besi kress, juga tidak berada di tengah-tengah kolom gitar. Selanjutnya, jari tengah menekan tali senar 3 dan jari manis di senar 5 sedang jari kelingking di senar 4. Atau bisa juga menggunakan 2 jari saja dalam satu kolom, tergantung dari kelenturan jari.

Model 2; Kecuali senar 6, Jari telunjuk menekan semua senar. Jari tengah, manis serta kelingking berderet ke bawah menekan tali 4, 3, 2. Sama dengan di atas, ada juga orang yang hanya menggunakan satu jari dalam satu kolom.

Mosdel 3; tidak berbeda jauh dengan model satu, hanya saja jari telunjuk tanpa menekan tali senar 6 atau model tindisan turun satu senar.

Model-Type 1

Cara Cepat Mengenal Kunci Palang Gitar

Apabila jari telunjuk berada di ujung gagang gitar dan menggunakan model satu, maka posisi tindisan membentuk kunci Em. Jika digeser satu kolom mendekati besi kress akan berubah bunyi lagi menjadi kunci F dan seterusnya. Jadi setiap pergeseseran ataupun perpindahan jari telunjuk akan menghasilkan bunyi serta kunci berbeda.

Model-Type 2

Cara Cepat Mengenal Kunci Palang Gitar

Jikalau jari telunjuk dengan model dua yang dipakai. Awal mulai kuncinya adalah A sama dengan cara di atas, perpindahan jari telunjuk menghasilkan nada kunci baru yaitu A#. Apabila Model dua ini bila belum bisa, cukup jari telunjuk menekan tali senar satu saja, karena bunyinya sama.

Model-Type 3

Cara Cepat Mengenal Kunci Palang Gitar

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa antara Model satu dan Model dua memiliki kesamaan model tindisan, hanya saja tindisan jari telunjuk diturunkan satu tali dan tali enam menjadi los; tidak ditindis. Mulai kuncinya adalah Am dan seterusnya; silahkan perhatikan gambar.

Untuk kunci-kunci chord selain contoh di atas dapat juga dijadikan dasar mengetahui nama-nama kunci pada gitar. Seperti kunci D maupun Dm. tinggal bagaimana memahami persamaan serta perbedaan antara chord kunci gitar yang satu dengan yang lain dengan menggeser ataupun memindahkannya ke kolom selanjutnya. Diistilahkan di sini kunci-kunci kecil dan termasuk salah satu kunci untuk mengetahui atau belajar melodi gitar.