3 Oct 2015

Bagaimana Bertindak Tegas Terhadap Sopir Tangki Nakal

Memberi saran maupun nasihat sangatlah mudah, dikarenakan yang memberi nasehat belum tentu pernah mengalami hal serupa. Bertindak tegas khususnya kepada sopir tangki nakal sama halnya dengan membengkokkan pohon yang tlah tua, sulit namun dapat diarahkan. Itupun bila Anda masih ingin melihat sopir tangki nakal itu menjadi lebihbaik.

Tegas tidak selamanya harus membentak, apalagi kita hidup bermasyarakat. Sekarang, mungkin waktunya Anda di atas belum tentu ke depannya Anda masih bertahan di posisi yang sama dan pastilah ada alasan tersendiri sopir berbuat demikian.

Bagaimana Bertindak Tegas Terhadap Sopir Tangki Nakal

Sopir tangki yang suka nakal terhadap Spbu ataupun perusahaan akan mempelajari karakter orang-orang yang ada di lapangan, mempelajari suhu; sifat bbm maupun truk tangki yang diawaki. Misalkan, Spbu/Perusahaan yang dituju jaraknya berapa kilometer, apabila suhu panas ketinggian cairan bbm di tangki naik berapa senti dan apabila cuaca mendung ataupun hujan cairan bbm turun berapa senti.

Ini akan ia pelajari saat kali pertama bongkar di tempat Anda. Mencoba mengambil perhatian baik Anda, tapi ada juga yang diam saja. Namun saat menegurnya, ia malah menyerang balik dengan alasan-alasan yang masuk akal.

Pernah ada sopir tangki yang memuat M. Solar di tempat kami. Cuaca sedang panas-panasnya, ketika menhole dibuka ternyata ketinggian tidak sesuai (sudah tidak wajar) dengan tinggi cairan yang tertera di lembar pengiriman dari depot (DO); Kekurangan solar kuranglebih 30 liter. Dan memang saat diperiksa, tangki banyak ditemui kejanggalan.

Saat itu kami langsung menghubungi perwakilan yang berada di Depot untuk komplain, mencatat siapa nama sopirnya, nopol truk tangki dan memberitahukan kejanggalan-kejanggalan yang ditemui saat pembongkaran. Si Sopir ini mulanya tetap bertahan dengan alasan kekurangannya. Tapi ketika akan menghubungi pihak depot, ia bermohon agar jangan dilaporkan dan mau mengganti kekurangannya.

Namun laporan komplain sudah diterima oleh pihak depot dan sopir tangki harus tetap mengganti kekurangan dengan mengambil solar/bbm pemakaian mobil tangki. Padahal jarak untuk kembali ke depot sekitar 80 kilometer. Jadi sudah tidak peduli lagi bagaimana cara ia kembali, konsekuensinya harus diterima. Keesokan harinya sopir ini dipecat.

Pernah juga diperdaya oleh sopir tangki, setiap bongkar; datang dengan wajah yang tak lepas dari senyum, ramah tanpa dosa sama sekali. Ketinggian cairanpun sesuai dengan DO dan tepat waktu, karena jarak antara Spbu dan Depot cukup dekat. Tapi saat menghitung susut harian untuk mobil yang bongkar ini, kenapa selalu susutnya besar serta tidak ada yang aneh pada segel.

Kata orang; biar bagaimanapun, bau busuk itu akan tercium juga. Setelah sedikit demi sedikit memeriksa mobil tangki akhirnya kami menemukan kesalahannya. Ternyata, Si Sopir tangki memakai Trik Spesial dan hari itu juga dipecat.

Mengatasi sopir tangki yang nakal kuncinya adalah pelajari, temukan kesalahannya dan berteman dengan sopir tangki yang baik. Pimpinan perusahaan Spbu juga harus tegas, disiplin dan mempunyai pengaruh di depot terlebih punya pengaruh di Pertamina. Dengan begini, sopir-sopir tangki yang akan bertindak aneh di Spbu menjadi segan.