9 Jan 2016

Arti Room 14/15 dan NoDeff di PB

Salam Troopers! Sebagai beginner di gem pointblank garena, ternyata banyak istilah-istilah baru yang belum dipahami betul apa arti dan maksud dari judul room pabila akan masuk dan bermain. Judul room yang mulanya dimaknai begini, rupanya berbeda. (Photos by Google Search)
Di sinilah gunanya bertanya ke orang yang lebih paham atau ada ilmu tentang sesuatu yang ditanyakan, agar nantinya tidak salah persepsi/sudut pandang/idielogi. Apalagi, bila yang mulanya diyakini itu tlah lama dijalani. Kata orang Malu bertanya, Jalan terus..
Arti Room 14/15 dan NoDeff di PB

Judul room yang dituliskan room master (RM) dapat diartikan dengan aturan-aturan/rules yang mesti ditaati saat masuk bermain. Yang judul room tersebut disesuaikan dengan kondisi char yang dipakai oleh room master pada saat itu.

Misalkan, ada Room Polos, dimana trooper yang akan masuk dan bermain cuma boleh tampil seadanya, tanpa tambahan item-item tertentu (cash).
Ada Room AWP Only/NoWP, yang berarti senjata yang digunakan hanya Sniper dan tidak diperbolehkan membuang asap saat berlangsungnya permainan. Jika ada yang melanggar peraturan akan dibully atau dikeluarkan/ditendang keluar dari room melalui vote kick (Gemscool).
Ada pula room yang sudah jelas-jelas menegaskan Polos/NoSG/HG/Dual, tetapi ada saja yang masuk bermain menggunakan pelindung kepala, memakai shotgun dan senjata dual. Dan lebih parahnya lagi, rule dilanggar oleh char yang tlah berpangkat mayor (;mungkin bocah).
Mengapa terlalu banyak aturan.. Padahal ini hanyalah sebuah permainan belaka?
Room 14/15
Judul room yang dibuat, kebanyakan diadaptasi dari peraturan-peraturan (rules) turnamen yang pernah diselenggarakan oleh pihak Gemscool ataupun PB Garena. Seperti room 14/15, yaitu room rule turnamen yang pernah diadakan di tahun 2014/2015.

Bagi yang pernah menyaksikan, bahkan mengikuti turnamen tentulah sudah mengerti aturannya. Troopers dipersilahkan memakai item-item tertentu, Kecuali HeadGuard (HG); pelindung kepala atau memakai topeng.

Pernah sekali ditemui room 14/15 dan mencoba untuk masuk dan bermain di dalamnya, langsung di kick oleh RM (Room Master) yang saat itu berpangkat Mayor

No Deff
Room yang diikuti pada awal maupun akhir judul seperti NoDeff/NoSG/Polos, berarti room master menginginkan agar trooper saat berlangsungnya permainan, harus sasaran kepala saja (Headshot) dan bukan nembak badan.

Kata Deff biasa ditemui saat membuka shop. Pada item Topeng disitu tertulis akurasi++ dan Deff++. Artinya, bila memakai topeng ini akan meningkatkan akurasi (tepat sasaran) si pemakainya. Sedangkan Deff++, yaitu menambah kekuatan atau daya hancur (Demage) lebih kuat dari sebelumnya.

Namun ada juga yang mengatakan, bahwa arti NoDeff itu adalah apabila trooper hanya berdiam diri di satu tempat; diistilahkan dengan Ayam Petelur Menembak di tempat, ke kiri ke kanan tanpa ada inisiatif untuk menyerang memasuki zona musuh (bertahan).