Kebetulan arsip Biaya Menyelenggarakan Festival Musik - masih tersimpan, tapi sudah kadaluarsa silahkan disesuaikan dengan kebutuhan kelengkapan yang berlaku sekarang, karena ini sekadar patokan dasar untuk memulai menyusun anggaran kegiatan festival. Kendati, mungkin tidak seperti yang Anda susun ataupun direncanakan. Maklum, penyelenggara kegiatan hanyalah sekumpulan orang yang tidak mengeyam pendidikan tinggi. Berhubung motivasi mengadakan kegiatan musik niatnya untuk hijrah dari lorong hitam serta membuktikan, bahwa Kami Bukanlah Parasit di Tengah Masyarakat. Dan Alhamdulillah, 2 (dua) kali sukses menggunakan pola anggaran ini pula. [Foto/Google search]
Festival Musik pertama bergenre Rock, menghadirkan bintang tamu dari band terkenal dengan mengangkat tema sehubungan 'Hari Kesaktian Pancasila' yang memperebutkan Piala tetap Bapak Walikota. Di Festival kedua, masih aliran yang sama, dipadukan dengan Lomba Fashion Busana; 'Hari Sumpah Pemuda' memperebutkan Piala tetap Bapak Kapolres. Langkah-langkah umumnya ada juga di Cara Menyelenggarakan Festival Musik
Adapun Rancangan Anggaran Biaya dapat sedikit 'dipress', karena Mabes kegiatan berpusat di sebuah percetakan sederhana. Jadi, mengenai kelengkapan administrasi persuratan dan sebagainya dibuat sendiri + Lobi-Lobi. Awal kegiatan dimulai dari Membentuk Organisasi sampai hari penyelenggaraan kegiatan, yakni 3 (tiga) bulan lamanya. He.. he.. he.. lama ya? soalnya, cari fulusnya lama juga.
Anda-Anda adalah orang hebat, jangan sampai kegiatan yang sedianya dilaksanakan hanya "Panas - Panas Taik Ayam..! (Maaf)" Persamaan visi, power of solidarity (kekompakan), dan persamaan persepsi mesti dikedepankan. Pilih Ketua Pelaksana yang bukan "Tong Kosong Nyaring Bunyinya, Slank". Selanjutnya, "Welcome To The Jungle, Guns N Roses" Rock On...!
Spanduk + Pajak 10 lembar @ Rp. 40.000 | Rp. 400.000 |
Sticker Promosi 100 lembar | Rp. 250.000 |
Selebaran 5 rim @ Rp. 20.000 | Rp. 100.000 |
Baliho/poster/Panflet 10 lembar @ Rp. 20.000 | Rp. 200.000 |
Publikasi Rolling Show | Rp. 150.000 |
Room Film + Cuci Cetak | Rp. 200.000 |
Spot Iklan Radio Durasi 120 Detik | Rp. 250.000 |
Iklan Media Cetak 3 Kali | Rp. 100.000 |
Transportasi Dan Lain-Lain | Rp. 150.000 |
Total Publikasi dan Dokumentasi | Rp.1.800.000 |
Sewa Gedung 1 Malam | Rp. 350.000 |
Kostum Panitia Sebanyak 70 Orang | Rp. 700.000 |
Atribut Panitia Sebanyak 70 Orang | Rp. 140.000 |
Piagam Peserta 150 Lembar | Rp. 225.000 |
Pembuatan Karcis Penonton (bila ada) | Rp. 300.000 |
Dekorasi Panggung | Rp. 300.000 |
Undangan VIP untuk Pembukaan dan Penutupan | Rp. 250.000 |
Sewa alat Band + Soundsytem | Rp. 2.000.000 |
Honorarium Tim Juri | Rp. 300.000 |
Transportasi dan Lain-Lain | Rp. 300.000 |
Total Perlengkapan | Rp. 4.865.000 |
Juara 1, Trophy + Piagam + Plakat + Uang Tunai | Rp. 1.500.000 |
Juara 2, Trophy + Piagam + Plakat + Uang Tunai | Rp. 1.000.000 |
Juara 3, Trophy + Piagam + Plakat + Uang Tunai | Rp. 750.000 |
Harapan 1, Trophy + Piagam + Uang Tunai | Rp. 500.000 |
Harapan 2, Trophy + Piagam + Uang Tunai | Rp. 400.000 |
Harapan 3, Trophy + Piagam + Uang Tunai | Rp. 300.000 |
Band Favorit, Trophy + Piagam + Uang Tunai | Rp. 200.000 |
Best Vocal, Piagam + Uang Tunai | Rp. 150.000 |
Best Guitar, Piagam + Uang Tunai | Rp. 150.000 |
Best Bassist, Piagam + Uang Tunai | Rp. 150.000 |
Best Rhytem Guitar, Piagam + Uang Tunai | Rp. 150.000 |
Best Drummer, Piagam + Uang Tunai | Rp. 150.000 |
Best Keyboard, Piagam + Uang Tunai | Rp. 150.000 |
Total untuk Semua Kategori Pemenang | Rp. 5.550.000 |
Jadi, Total Keseluruhan Anggaran Biaya | Rp. 12.215.000 |
Menyelenggarakan perlombaan Festival Musik dapat dijadikan alternatif, sebagai sarana untuk menyuarakan aspirasi kepada pemerintah. Dan telah dibuktikan dengan dibangunnya Gedung Kesenian di kampung kami. Jadi, bukan hanya seremonial belaka ataupun eksistensi diri. Namun inilah jiwa dari Musik Rock, Chaos OR Peace. Sok Rocker.. Hi..hi..hi.. padahal lebih senang musik Daerah, Melayu dan Dangdut.