24 Mar 2014

Cara Bongkar Truk Tangki BBM Yang Memakai Klep Angin

truk bbm ke spbuCara Bongkar Truk Tangki BBM Yang Memakai Klep Angin - Membongkar cairan bahan bakar minyak di Spbu dari truk pengantar bbm, membutuhkan sedikit kejelian saat melakukannya. Di sini, saya tidak akan panjang lebar menjelaskan bagaimana cara membongkar bbm di Spbu. Anda-Anda yang berada di Spbu pasti telah mengetahuinya. Tapi, lebih ke bagaimana memahami cara bongkar truk tangki pengantar bbm ke Spbu Anda yang memakai klep angin. Karena sudah hampir keseluruhan armada truk tangki menggunakan sistem buka tutup ini. Beda dengan yang tidak memakai klep angin. Anda ukur, periksa kualitasnya, pasang selang, tarik tuas dan selesai. [Foto/Google Search]

Pastinya Anda Pernah menyaksikan loading truk tangki di Depot Pertamina. Ada yang loading dari atas dan ada pula pipa loading bbm-nya dari bawah. Untuk loading dari atas tidak dipakai lagi, kemungkinan sistem pengisian agak sedikit membahayakan joki ataupun awak truk tangki karena harus memanjat kompertemen tangki untuk memasukkan pipa penghubung bbm ke dalam kompertemen tangki. yang pastinya keselamatan kerja diutamakan. Coba perhatikan sketsa gambar berikut

Cara Bongkar Truk Tangki BBM Yang Memakai Klep Angin

Pada semua gambar yang diberi tanda lingkaran merah di atas, merupakan tempat dihubungkannya pipa penghubung antara pipa bagian pengisian depot dan mulut pipa kompertemen truk tangki. Sedang pada gambar anak panah yang melewati lingkaran merah, itu adalah aliran cairan bbm yang masuk ke kompertemen tangki untuk loading dari bawah. Kemudian tanda lingkaran berwarna hitam, ini adalah klep keong yang berada di dalam/dasar kompertemen tangki. Anda dapat melihatnya saat selesai pembongkaran-pengurasan tangki di spbu. Semua cairan bbm melewati ini (klep) hingga batas ijek baut bagian atas pada menhole truk tangki. Atau dari bawah menyembur ke atas hingga memenuhi ruang kosong tangki. Saya tekankan, bbm diisi dari bawah masuk melewati pipa, lalu melewati klep kemudian cairan dilepaskan ke ruang kosong.

Klep (portal, palang pintu) berfungsi sebagai penahan cairan bbm agar tidak merembes keluar dari dalam kompertemen tangki. Klep juga sebagai pemisah (lihat gambar 2 anak panah) jalur pipa dan petak kompertemen tangki. Klep akan bergerak pabila tuas angin pada kotak sebelah luar tangki ditarik. Bisa juga fungsi tuasnya dipasang di jok awak sopir tangki. Jadi, sebelum Anda mengukur ketinggian cairan bbm, sebaiknya memeriksa jalur pipa ke kompertemen. Pastikan, bahwa pipa tidak berada dalam keadaan kosong. Coba perhatikan diameter pipa dan panjang pipa sampai ke klep. Ada berapa liter cairan bbm yang tertampung di situ. Jika Anda tidak teliti, celah ini dapat dimanfaatkan.


Pada awal mula sistem ini dijalankan pernah ditemui, ada Spbu yang terkecoh dengan klep angin. pikirnya suara klep angin tidak bunyi, ia beranggapan minyak juga telah disalurkan semua ke tangki pendam. Ditambah bagian pembongkaran kala itu, tidak kembali memeriksa ke atas kompertemen tangki, akibatnya tanpa disengaja awak sopir tangki sangat terkejut saat kembali lagi ke depot untuk loading. Di dalam kompertemen tangki didapati kurang lebih 4 kl cairan bbm yang belum dibongkar oleh pihak Spbu. Sekian Wassalam.