23 Mar 2014

Tips Bagi Penderita Maag

Tips Bagi Penderita MaagDyspepsia yang oleh masyarakat biasanya disebut sakit Maag. Dyspepsia adalah kumpulan gejala yang biasanya terdiri dari nyeri atau rasa tidak nyaman di perut bagian atas, kembung, banyak buang angin, rasa penuh/sebah, banyak sendawa, cepat kenyang dan borborygmi (keroncongan). Jika dalam 1 bulan keluhannya maag ini berlangsung sekurangnya 1 minggu, maka dianggap dypepsia kronis. Jika keluhannya sangat menganggu, maka perlu dilakukan berbagai pemeriksaan. Baik biokimiawi, endoskopi, maupun radiologis. Tujuannya untuk menentukan apakah ini termasuk dyspepsia non ulcer atau dyspepsia biasa atau gangguan lain. Seperti radang tenggorokan akibat refluks asam lambung dan lainnya.(gambar: )

Dalam berbagai penelitian ditemukan, bahwa beberapa obat-obatan kimia apalagi yang diminum tanpa pengawasan dokter akan memberi resiko terjadinya ulkus/borok lambung yang bisa berakibat pendarahan lambung. Alkohol juga termasuk salah satu zat yang bisa menyebabkan borok lambung. Beberapa makanan yang bercita rasa asam maupun pedas juga dapat mendorong terjadinya borok lambung ataupun refluks asam lambung.

Bahan lainnya antara lain adalah vetsin, caffeine, asam benzoate dan lainnya terbukti pula mendorong terjadinya dyspepsia ini. Dahulu diyakini bahwa sakit maag adalah murni psikosomatik, namun berbagai penelitian menunjukkan adanya peran bakteri Helicobacter Pylori. Karenanya, dalam pengobatan dyspepsia maupun ulkus peptikum, peran bakteri ini telah mendapat perhatian dari para dokter.

Adapun obat herbal semoga cocok untuk menangani adalah :

Ambil 2 jari kunyit + 1 jari temu putih diiris tipis-tipis, direbus dalam air 500 cc sampai air tinggal separuhnya. Lalu dinginkan, tambahkan madu murni 125 cc, aduk rata dan minumlah larutan ini 3 kali sehari @ 50 cc. Sisanya disimpan untuk kemudian bisa diminum kembali. Diminum pagi hari setengah jam sebelum sarapan

Demikianlah, jika Anda melakukannya dengan tekun, maka diharapkan dalam 2 minggu akan mulai merasakan manfaatnya. Andapun tidak akan bergantung dengan obat kimia yang dalam jangka panjang dapat merusak fungsi hati dan ginjal Anda. (sehatislami@yahoo.co.id).