15 Jun 2014

Belajar Cara Menyetem Senar Gitar

Bagaimana Belajar Menyetem Senar GitarBagaimana Belajar Menyetem Senar Gitar - Gitar adalah merupakan salah satu alat musik petik yang digemari banyak orang. Sebagai pemula dalam hal ini, kita mungkin memiliki gitar akustik namun tidak pandai memainkannya. Atau sudah bisa main gitar tapi belum mengetahui bagaimana belajar menyetem/menyetel senar gitar. Belajar menyetem senar gitar dibutuhkan pendengaran yang baik serta ketenangan saat penyeteman, karena kedua hal tersebut kurang lebihnya dapat mempengaruhi keselarasan senar atau harmonisasi keluarnya suara.

Memang, banyak cara orang untuk menyetem senar gitar utamanya itu bagi para master-master gitar. Namun bagi kita yang masih dalam tahap belajar, tentunya masih membutuhkan petunjuk dan bimbingan. Berikut langkah bagaimana belajar sedikit demi sedikit menyetem senar gitar: Peringatan...!,: Pastikan gitar akustik benar-benar lurus pada posisi badan. Jangan sampai karena ingin melihat jari, hingga melupakan senar gitar yang bisa saja putus dan mengenai mata (pernah mengalami).

Bagaimana Belajar Menyetem Senar Gitar
Senar 1. Kencangkan sesuai keinginan. Ingat, hanya mengencangkan tidak menekan. Petik senarnya untuk mengetahui tinggi rendah nada yang diinginkan.

Bagaimana Belajar Menyetem Senar Gitar
Senar 2. Titik merah adalah posisi jari kita (tekan titik merah). Kemudian petik tali senar gitar 2 (tanda titik merah) ke tali senar 1 atau petik tali senar 2 lalu tali senar 1 (suara senar 2 = suara senar 1). Tali senar 1 adalah titik awal kita menyetem suara, samakan bunyi dengungan senar 2 dengan senar 1 ataupun sebaliknya pada kolom 5. Jangan menekan apapun kecuali senar 2. Dan juga saat memetiknya, upayakan suara yang keluar tidak terlalu keras agar pendengaran mampu/merasakan persamaan bunyi dari kedua senar tersebut.

Bagaimana Belajar Menyetem Senar Gitar
Senar 3. Titik merah adalah posisi jari kita (tekan titik merah). Kemudian petik tali senar gitar 3 (tanda titik merah) ke tali senar 2 atau petik tali senar 3 lalu tali senar 2 (suara senar 3 = suara senar 2). Samakan bunyi dengungan senar 3 dengan senar 2 pada kolom 4. Sama seperti di atas. Jangan menekan apapun kecuali senar 3 dan petikan tali senar 2.

Bagaimana Belajar Menyetem Senar Gitar
Senar 4. Titik merah adalah posisi jari kita (tekan titik merah). Kemudian petik tali senar gitar 4 (tanda titik merah) ke tali senar 3 atau petik tali senar 4 lalu tali senar 3 (suara senar 4 = suara senar 3). Samakan bunyi dengungan senar 4 dengan senar 3 pada kolom 5.

Bagaimana Belajar Menyetem Senar Gitar
Senar 5. Titik merah adalah posisi jari kita (tekan titik merah). Kemudian petik tali senar gitar 5 (tanda titik merah) ke tali senar 4 atau petik tali senar 5 lalu tali senar 4 (suara senar 5 = suara senar 4). Samakan bunyi dengungan senar 5 dengan senar 4 pada kolom 5.

Bagaimana Belajar Menyetem Senar Gitar
Senar 6. Titik merah adalah posisi jari kita (tekan titik merah). Kemudian petik tali senar gitar 6 (tanda titik merah) ke tali senar 5 atau petik tali senar 6 lalu tali senar 5 (suara senar 6 = suara senar 5). Samakan bunyi dengungan senar 6 dengan senar 5 pada kolom 5.
Untuk memastikan apakah semua senar berbunyi dengan seirama, gunakan kunci/chord yang diketahui atau yang dihapalkan bunyi suaranya. Misal kunci D, C,G dan seterusnya. Petik dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas. Sekali lagi, kejelian pendengaran dibutuhkan pada Bagaimana Belajar Menyetem Senar Gitar. Kalaupun ingin meng-standarkan suaranya, kita bisa menggunakan harmonika nada G atau nada C. Wassalam.