Mungkin telah banyak upaya yang dilakukan oleh pihak spbu dalam menekan susut (losses), utamanya itu bagaimana agar suply pengiriman bbm melalui truk tangki tidak bocor di jalan. Atau dengan kata lain, tidak dikurangi takarannya oleh oknum awak sopir tangki. Dan pemasangan segel pada pintu bongkar truk tangki, krang, kopling serta tutup menhole adalah salah satu pencegahannya. (gambar: protectionsolution.indonetwork.co.id)
Tapi bagaimana bisa cairan bbm di dalam kompartemen yang telah disegel ini bisa diambil?
Sebelum truk tangki memasuki area pengisian, awak sopir tangki terlebih dahulu mengambil lembar LO (loading Order), DO (Delivery Order), sekaligus mengambil 2 sampai 4 atau 6 buah segel sesuai kapasitas truk tangki yang dibawanya. Dan penyerahan nomor-nomor segel sebelumnya juga telah diinput/dilaporkan melalui sistem online depot setempat ke kantor pusat Pertamina.
Setelah truk tangki selesai diisi, selanjutnya proses penyegelan akan dilakukan di getkeeper.
Untuk pemasangan segel pada pintu pembongkaran truk tangki. Di sini kita akan meninjau cara oknum sopir tangki mengambil cairan bbm tanpa memutus segel, jika segel hanya terpasang di pintu pembongkaran truk tangki. Silahkan perhatikan sketsa gambar berikut:
Oknum awak sopir tangki melepaskan engsel pintu menggunakan obeng. Dengan cara menumbuk pin engsel sampai lepas atau memodifikasi pin engsel seperti pin engsel daun pintu rumah kita yang mudah dilepaskan dengan tangan dan diberi sedikit lem.
Semoga informasi Buka Rahasia Sopir Tangki Bag. 2 dapat bermanfaat, Wassalam.