22 Nov 2014

Pesan Pak Menteri Anis Baswedan

Pesan Pak Menteri Anis Baswedan

Anies Baswedan: Apakah Anak-Anak Kita Sekolah? - Menurut Menteri Kebudayaan, Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan, saat ini seharusnya kita berpikir bagaimana membuat umat ini kuat, bukan berpikir apa yang dikerjakan oranglain pada umat. (Foto/Google search).
Waktu kita hanya dihabiskan untuk memikirkan agenda oranglain. Lalu apa agenda kita?. Saya tidak suka orientalis. Karena tahu agenda mereka. Agenda kita ke depan adalah melakukan koreksi pada umat.
Mengenai sarjana Muslim yang mengikuti studi keislaman di barat, kata Anies, itu bukan urusan kita. Yang menjadi concern adalah bagaimana kita memiliki manajemen yang bagus, kerja kongkret, perkuat basis umat dan sebagainya.
Ketika kekuatan Islam global terbentang dari Maroko sampai Maluku, dunia iri melihat kekuatan Islam. Bukankah yang menopang dakwah Islam dari Maroko sampai Maluku adalah kekuatan ekonomi, melalui basis perdagangan. Kalau tidak memiliki kekuatan ekonomi, barangkali dakwah Islam tidak sampai ke Maluku.
Menurutnya, hendaknya kita melihat dari perspektif persamaan, jangan melihat perbedaan, karena bisa mengganggu Ukhuwah Islamiyah. Anies mengaku sering ditanya tentang konspirasi terhadap umat Islam. Ia menjelaskan, jangan terpukau dengan pembicaraan seperti itu.
Yang terpenting adalah apakah anak-anak kita sekolah, belajar agama dan disiapkan masa depannya dengan baik atau tidak?. Umat akan tumbang, ketika kita berbicara berjam-jam tentang konspirasi, tapi anaknya terperangkap narkoba. Selamatkan dulu dirimu dan keluargamu dari api neraka. Kita harus menyusun prioritas yang benar