26 Apr 2015

Cara Sonding BBM di Spbu

Cara Sonding BBM di Spbu - adalah cara mengukur ketinggian cairan BBM di tangki pendam Spbu dan di tangki truk pengantar BBM. Pengukur ketinggian menggunakan mistar/tongkat ukur ini biasa disebut Deepstick. Pun saat melakukan pengukuran ketinggian, si pengukur tangki menggunakan pasta air dan pasta minyak untuk membantu pembacaan batas ketinggian saat mengukur. Namun, ada juga yang memakai kapur tulis selain pasta air dan minyak. [Foto/Google search]

Cara Sonding BBM di SpbuTangki Pendam. Adapun sebagai langkah awal, terlebih dahulu bersihkan deepstick sebelum diolesi pasta minyak dengan kain atau koran bekas. Jika hanya menggunakan satu tongkat ukur saja untuk semua produk BBM, ketahui di tangki pendam yang mana tidak diisi dan di tangki pendam mana yang sudah isi (dibongkar). Mulailah dari stok tangki yang paling rendah ke stok yang paling tinggi. Oleskan pasta air di pangkal tongkat ukur (bagian paling bawah) setinggi kurang lebih 5 sentimeter. Karena toleransi batas air di dalam tangki pendam, yakni 2 (dua) sentimeter.

Kemudian oleskan pasta minyak. Pengolesan pasta jangan terlalu tebal dan tidak menutupi deretan angka-angka pada tongkat ukur (separuh kena, separuhnya lagi tidak). Masukkan deepstik secara perlahan hingga menyentuh dasar tangki pendam, diamkan selama 3 (tiga) detik saja lalu tarik ke atas agar reaksi dari perubahan warna pasta minyak dapat bekerja. Upayakan saat memasukkan deepstik tidak terjadi slug (gelombang pada permukaan cairan).

Namun apabila tidak diketahui di tangki pendam mana yang stoknya paling sedikit (rendah). Mulailah dari produk premium (M.Solar paling terakhir/tergantung kondisi sondingan). Jika sudah melakukan penyondingan di tangki premium dan akan berpindah ke tangki solar, tidak usah mengolesi pasta minyak lagi cukup lap tongkat.

Sebenarnya Cara Sonding BBM di Spbu cukup mudah, tinggal bagaimana memahami cara kerjanya (kebiasaan dan dilakukan secara berulang-ulang). Dan yang terakhir, simpan tongkat di tempat yang rata dan tidak dalam posisi berdiri, karena akan membuat tongkat ukur cepat bengkok yang mengakibatkan keakuratan pengukuran menjadi berkurang.
Informasi ini sekadar dasar untuk dikembangkan lagi nantinya melalui sondingan demi sondingan. Ingat untuk selalu bekerja cerdas.