26 Aug 2015

Contoh Tempat Solmisasi di Kolom Gitar

Solmisasi atau Do - re - mi sebagaimana diketahui bersama adalah tangga nada dasar/bunyi yang keluar secara beraturan dari alat musik sehingga orang yang telah mengerti, memahami serta mampu memadukan solmisasi akan menciptakan keselarasan dan harmonisasi suara dalam memainkan sebuah alat musik. #Semoga tidak dibaca Kang Saud dan Mbah Dinan

Belajar Solmisasi di kolom gitar hanyalah sebagai langkah awal untuk lebih mengenal tinggi rendah, ciri khas suara yang keluar dari petikan senar gitar. Karena patokannya bukan pada kolom di mana bunyi Do - Re - Mi keluar, akan tetapi sekali lagi yaitu ciri khas bunyi dan tentunya penyeteman senar gitar harus mendukung (standar) serta kelincahan jari saat memainkan. Jika kedua hal tersebut dimiliki (feeling; perasaan menyatu), maka tinggal melatihnya secara kontinyu.

Musik Longdress Blues cocok untuk melatih jari dalam belajar improv solmisasi. Sedang musik Stress TrashMetal cocok buat melatih kelincahan solmisasi jari, terutama apabila ingin bisa melodi gitar. Contoh kolom solmisasinya silahkan dipraktekkan melalui gambar berikut; Kalau ingin melatih perut buncit, silahkan kunjungi Desacilembu.com lengkap dengan model yang memperagakannya. [Foto by Ajal]


Contoh Tempat Solmisasi di Kolom Gitar

Awal titik tindisan solmisasi 'DO' diambil dari nada chord G pada gambar di atas, yaitu dimulai dari senar 6 kolom 3. Selanjutnya, nada 'RE' pada tali senar 6 kolom 6. 'Mi' tali senar 5 kolom 2, 'FA' tali senar 5 kolom 3, 'SOL' senar 5 kolom 6, 'LA' senar 4 kolom 2, 'SI' senar 4 kolom 5 dan yang terakhir nada DO-KRESS berada di tali senar 4 kolom 6. Untuk lebih jelasnya, ikuti saja nomor - nomor yang tertera di titik hitam.

Jika titik - titik tindisan sudah diketahui. Latih secara berulang - ulang, mulailah dari nada terakhir yakni DO# (Do-kress) ke DO'b'mol'. Atau dari nada tinggi ke nada rendah. Tujuannya agar jari yang paling lemah, seperti jari kelingking dan jari manis itu sedikit sulit untuk diseimbangkan. Sekurang - kurangnya dapat saling menguatkan satu sama lain.

Selanjutnya, latih pendengaran dengan memindahkan awal titik 'DO' seperti pada gambar. Maksudnya; titik nada awal 'DO' naikkan setengah sampai satu oktaf. Yang tadinya berada di kolom satu, kita geser ke kolom dua dan dengarkan perbedaan bunyinya. Dengan begitu di kolom manapun jari ditempatkan, kunci solmisasi dapat ditemukan.