4 Sept 2015

Belajar Buat Kaligrafi di CorelDraw

Seni menulis indah huruf-kata Arab tidak hanya melalui media kertas saja. Orang telah mengembangkan, mengkreasikan serta menyisipkan dalam berbagai media maupun bentuk lainnya, sehingga membuat kaligrafi tidak perlu lagi bergantung pada kuas ataupun spidol besar yang diruncingkan secara diagonal, karena lekukan garis saat menarik mosz itu sama.

Contoh goresan lekukan garis yang dimaksudkan ada pada gambar berikut yang dibuat di Corel. Bagi anak - anak Pasantren, Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan seterusnya tentu membuat semacam kaligrafi Arab ini sudah menjadi hal yang biasa.


Belajar Buat Kaligrafi di CorelDraw

Gambar di atas lama buatnya, itupun sedikit tahan napas sambil garuk-garuk kepala. Adapun untuk menulis kaligrafi di corel caranya yakni, temukan Artistic Media di sebelah kiri monitor atau yang lebih cepatnya tekan huruf 'i' di kibord. Setelah itu perhatikan toolbar pada bagian atas, cari gambar yang berbentuk ujung pulpen lalu klik. Maka muncullah pointer yang berbentuk kuas. Lebih jelasnya silahkan lihat screenshotnya,

Belajar Buat Kaligrafi di CorelDraw

Setelah mengetahui letak penggunaan tool melukis Kaligrafi di Corel, selanjutnya tinggal mengatur ketebalan goresan. Di sebelah kanan tanda pena ada angka-angka yang mengatur besar kecilnya tulisan seperti kalau mengetik di word. Dengan begini apabila menemui huruf yang rumit dapat dikombinasikan. Tapi kesemuanya tergantung pula daripada bagaimana imajinasi dapat berkolaborasi dengan gerakan tangan saat memainkan mosz. Sekian, Selamat mencoba.