11 Mar 2016

Belajar Bass Intro Sweet Child O Mine Dengan Gambar

Belajar Bass Intro Sweet Child O Mine Dengan GambarSweet Child O'Mine, oleh Guns N Roses. Dalam grup band musik, orang lebih dominan perhatikan vokalis dan yang memainkan lead guitar melodi saja. Padahal, keselarasan dalam bermusik dibangun dari perpaduan dari semua alat musik yang dimainkan personilnya. Walaupun format susunan grup band itu ada yang hanya digawangi oleh tiga orang seperti grup band Bip, Netral, kotak, blink 182 dan seterusnya.

Selain Guns N Roses, teman-teman mungkin tak lupa juga dengan Bassist Red Hot Chili Peppers (RHCP) yang lebih akrab dipanggil Flea, anggota sekaligus pendiri band bergenre rock ini. Kalau tidak salah, beliau pernah menyandang predikat The world's best, bassist.

Bagaimana tidak, suara petikan bassnya bak orang menabuh genderang perang. Menghentak penuh semangat disertai dengan aksi-aksi panggung memukau penonton yang tak pernah lepas hingga sekarang.

Untuknya itu, melalui cara belajar bersama bass lagu sweet child o'mine berikut, diharapkan dapat mengasah, menambah sedikit pengetahuan dan melengkapi belajar melodi gitar judul lagu yang sama sebelumnya.

Belajar Bass Intro Sweet Child O Mine Dengan Gambar

Bila pada gambar nantinya menemukan tanda seperti di atas, berarti titik merah merupakan awal dimulainya tindisan, sedangkan ujung panah yang menunjuk titik hitam itu adalah akhir tindisan. Begitupun dengan keterangan kedua di bawahnya. Titik merah merupakan awal, titik merah adalah akhirnya. Atau sama dengan menekan kembali titik awal tindisan.

Belajar Bass Intro Sweet Child O Mine Dengan Gambar

Bass intro ini didengar setelah melodi gitar selesai. Juga didengarkan secara bersamaan ketika lagu dimainkan; Melodi gitarnya dimainkan, suara bass ikut pula menyertai.

Langkah_1, Jari tengah tempatkan dulu di kolom_5 senar_5 lalu geser cepat menekan tali senar_5 di kolom_7. Kemudian jari telunjuk berada di kolom_6 senar_4. Sebagai permulaan, karena masih sama-sama belajar gitar. Aturan dalam menekan tali senar ini untuk sementara sesuaikan dengan kemampuan atau kebiasaan jari teman-teman, selama petikan dan tindisan senar sudah tepat.

Nanti bila tindisan sudah jalan, pasti akan tahu sendiri harus bagaimana jari-jari itu ditempatkan agar tidak menghalangi pergerakan melodi bass.

Selanjutnya Langkah_2. Ulangi seperti pada langkah_1. Kemudian disambung oleh jari tengah menindis senar_4 di kolom_7. Jari kelingking senar_4 kolom_9. Geser jari kelingking ke kolom_11 sehingga masuk ke langkah_3. Pada langkah_3 ini, merupakan kebalikan dari langkah_2

Belajar Bass Intro Sweet Child O Mine Dengan Gambar

Perhatikan baik-baik pada Langkah_4 ini, karena dari sini sampai akan berakhirnya melodi, posisi tindisan akan saling bergantian satu sama lain. Jari manis berada di senar_4 kolom_7. Masih dengan jari yang sama, naik ke senar_5 lalu jari telunjuk ke kolom_5 senar_5. lalu kembali lagi ke awal titik merah, sama dengan 4x bunyi. Langkah_5; Jari manis menindis 2 tali senar yaitu senar_5_4 di kolom_7 dan terakhir jari tengah ke kolom sebelahnya. Dua kali putaran tindisan.

Belajar Bass Intro Sweet Child O Mine Dengan Gambar

Langkah_6; hampir mirip dengan langkah_4, putarannya menandakan bahwa melodi akan segera berakhir. Silahkan dilihat gambar langkah_8 di atas. Di situ bisa dilihat, bahwa akhir melodi ternyata kembali ke posisi dasar Eminor_Palang. Seperti pada gambar pertama yang diberi lingkaran.

Belajar bass, bila jari tidak sering direnggang-renggangkan akan sulit untuk menjangkau kolom-kolom jauh. Sekian dan selamat mencoba melodi bass Intro Sweet Child O Mine Dengan Gambar di atas. Rock On..!