11 Mar 2016

Melodi Jelas Via Gambar Intro Sweet Child O'Mine

Melodi Jelas Intro Via Gambar Sweet Child O'MineSweet Child O'Mine, oleh Guns N Roses adalah lagu lama yang hingga kini melodi gitarnya masih sering dipakai untuk belajar solmisasi. Selain melatih pindahan-pindahan jari karena memang temponya cepat. Juga melatih ketepatan jari dalam memetik senar gitar mengikuti arah tindisan tab chord melodi.

Bila mencari di Youtube, pastilah akan ditemukan berbagai video bagaimana cara memainkan melodi tersebut. Sayangnya, enak dilihat; memainkannya yang susah. Nah, itulah gunanya tab chord melalui gambar agar titik tindisan lebih jelas dibaca.

Gambar titik-titik melodi intro berikut, diterjemahkan dari salah satu video yang didownload dari youtube. Tutorialnya cukup jelas, kendati terkendala dari segi penjelasan. Karena bahasa yang digunakan memakai bahasa asing.

Melodi Jelas Via Gambar Intro Sweet Child O'Mine

Dasar permulaan melodi diambil dari nada dasar E_minor, berhubung lagunya dimulai dengan chord ini. Juga pada keterangan gambar diberi rambu-rambu berupa tanda anak panah. Tinggal mengikuti saja kemana berakhirnya arah panah yang ditunjukkan yang dimulai dari titik merah.

Melodi Jelas Via Gambar Intro Sweet Child O'Mine

Mula-mula tempatkan jari telunjuk di senar empat-4 di kolom tujuh-7. Lalu jari kelingking berada di senar dua-2 kolom sepuluh-10. Disambung dengan jari manis menindis tali senar nomor-3 di kolom sembilan-9. Selanjutnya, jari telunjuk turun ke tali 3 kolom 7 (pola pergerakan 1). Kemudian pada pola pergerakan 2 dan 3, jari kelingking turun menekan senar nomor 1 di kolom 10 lalu gerakkan/rapatkan jari manis menuju senar 3 kolom 9 sekaligus menekan tali nomor 1 di kolom yang sama.

Melodi Jelas Via Gambar Intro Sweet Child O'Mine

Silahkan perhatikan pola gerakan jari apabila digabungkan semua. Untuk pola pergerakan pengulangan, kalau tadi dimulai di jari telunjuk di senar empat-4 kolom tujuh-7. Pada pola pengulangan ini jari manis langsung naik ke atas untuk mengambil alih, setelah tadi berakhir di kolom 9 senar 1. Jadi, akhir gerakan jari manis kembali yang menjadi patokannya.

Bila anak-anak band latihan meja atau sebelum naik ke panggung lomba, mereka terutama sang gitaris akan menghitung berapa kali pengulangan pada melodi yang sama. Agar nantinya ada keseragaman dan kekompakan saat memainkan musik. Begitu pula dengan putaran pengulangan melodi sweet chil o mine ini, berapa kali mengalami pengulangan sebelum masuk ke melodi selanjutnya seperti pada contoh gambar di bawah;

Melodi Jelas Via Gambar Intro Sweet Child O'Mine

Tahap kedua model 1. Jari telunjuk berada di kolom 7 menekan senar 1 lalu jari manis ke kolom 9 menekan senar 3 dan jari kelingking menindis tali senar 2 yang berada di kolom 10 dan jari manis kembali menindis senar 3 (tanda panah kembali). Pada model 2, jari kelingking setelah menindis tali senar 2 yang berada di kolom 10 langsung turun ke tali nomor 1.

Dan dilanjutkan dengan menggerakkan jari manis seperti pada langkah terakhir pada tahap pertama sebelumnya, yakni posisinya rapat menekan tali senar 3 dan 1 sambil petik tali 3 kemudian turun petik tali 1 dan berakhir lagi ke atas. Maksudnya, satu jari yakni jari manis menekan 2 tali senar untuk 2 kali petikan juga tanpa merubah posisi jari manis.

Model 3. Polanya sama dengan model 1 hanya saja, tidak ada pengulangan yang ditunjukkan tanda panah. Pun saat mengakhiri tindisan sebelum masuk lagu; tali terakhir digetarkan.

Ke depannya, agar lebih memahami karakter melodi yang dipelajari; ada baiknya tidak fokus atau hanya belajar pada satu genre musik saja. Semakin banyak mendengar dan mengenal jenis-jenis melodi, kemungkinan besar Anda akan mudah mengetahui arah-arah suara melodi meski cuma berpatokan dengan nada dasar lagu saja.

Intinya ada pada persamaan bunyi suara gitar dengan lagu yang dipelajari. Kalaupun gitar tidak sampai pada nada standar, cukup cari persamaan bunyinya di kolom-kolom. Ataukah gunakan alat penjepit senar, biasanya digunakan untuk menaikkan nada dasar setiap senar; yang disebut capo. Selamat mencoba...