18 Mar 2016

Cara Mengukur Spanduk Di Corel

Belajar Bass Intro Sweet Child O Mine Dengan GambarYang membedakan antara spanduk dan banner terletak pada bahan yang digunakan. Dikatakan spanduk, karena bentangan kalimat informasi yang tertulis di lembaran kain, cara pengerjaannya secara manual. Sedangkan banner, berbahan dasar plastik. Di samping itu, banner memiliki banyak kelebihan.

Sebelum membuat spanduk, terlebih dahulu kain yang ditempati tulisan maupun gambar itu diukur berapa panjang, tinggi lebarnya. Lebar kain bervariasi, ada yang 115 sampai 150 sentimeter. Silahkan disimak langkah-langkah pengukurannya bila melalui coreldraw. Diambil contoh bila akan membuat spanduk dengan ukuran panjang = 6 meter dan lebar/tinggi = 1,5 meter;

Setelah coreldraw dibuka, pada gambar di bawah yang ditunjukkan oleh tanda panah berwarna merah. Angka nol pertama pada mistar, berada di sudut atas kertas membentuk koordinat sumbu Y = Vertikal. Angka nol kedua bila ditarik garis, maka akan sejajar dengan sudut bagian bawah kertas lembaran kerja, X = Horizontal.

Sudut angka 0 = Horizontal inilah yang nantinya ditarik ke atas agar berdekatan dengan sumbu angka 0 = Vertikal. Karena bila tak merubah letak titik koordinat sumbu ini, maka batas kerja untuk menuliskan atau membuat gambar sebatas lembaran kerja saja.

Cara Mengukur Spanduk Di Corel

Garis-garis arsir yang ada pada ujung kertas dan pinggiran kertas gambar di bawah adalah garis imajinasi yang diambil dari sudut mistar dalam kotak merah. Cara menariknya, klik-tahan-tarik (mouse) atau ketuk-ketuk-tahan-geser (kiped) jangan dilepas lalu dekatkan ke sudut atas kertas dengan mensejajarkan angka nol .

Cara Mengukur Spanduk Di Corel

Hasilnya akan terlihat pada gambar berikut. Sedangkan garis imajinasinya akan hilang dengan sendirinya setelah mouse dilepas. Angka nol yang tadinya di bawah kini berada di atas.

Cara Mengukur Spanduk Di Corel

Setelah angka nol sudah di atas, selanjutnya tarik 2 (dua) buah garis bantu sebagai patokan awal untuk menentukan tinggi lebar ukuran spanduk. Atau sebagai garis pengganti daripada garis imajinasi yang hilang. Caranya, klik-tahan-tarik (mouse) atau ketuk-ketuk-tahan-geser (kiped) jangan dilepas yang dimulai dari area tengah mistar

Garis juga akan muncul seperti pada langkah pertama, tetapi garis ini tidak hilang. Kotak hijau untuk garis vertikal dan kotak merah untuk menarik garis horizontal. Masing-masing garis sejajarkan dengan angka nol.

Cara Mengukur Spanduk Di Corel

Garis-garis ini bisa digeser atau dipindahkan. Caranya, klik/ketuk garis kemudian tempatkan sesuai keinginan. Bila ingin menghilangkannya, Klik/ketuk lalu tekan tombol delete

Bila garis sudah ada. Selanjutnya rubah Unit seperti pada gambar di bawah, dari inches ke meters

Cara Mengukur Spanduk Di Corel

Kemudian perkecil area kerja sebanyak 4 (empat) kali dengan menekan tombol huruf 'Z' di kibord lalu klik kanan sebanyak empat kali. Bila ingin memperbesar area; klik kiri. Maka hasilnya dapat dilihat pada gambar berikut. Yang ada di dalam kotak hijau itu adalah lembaran kerja.

Cara Mengukur Spanduk Di Corel

Seperti yang dituliskan sebelumnya, contoh ukuran spanduk yang akan dibuat 6 x 1, 5 meter. Seperti pada gambar di bawah, pertama-tama mengambil lagi garis horizontal ke angka 2 meter untuk menentukan tinggi/lebar spanduk, tujuannya ketika halaman kerja diperbesar (zoom), angka 1,5 meter dapat terlihat jelas.

Dengan cara, buat kotak zoom di dekat mistar di atas angka 1 meter dan di bawah angka 2 meter. Setelahnya itu, ambil lagi garis dan sejajarkan dengan ukuran 1 1/2 meter.

Cara Mengukur Spanduk Di Corel

Agar penempatan garis tepat berada di lebar atau ketinggian 1, 5 meter. Rubah/konversi unit meter ke sentimeter. 1 m = 100 cm, 1 1/2 m = 150 cm. Biasanya garis akan melenceng saat diperbesar lagi. pindahkan garisnya sampai tepat pada titik 150 cm. Silahkan dilihat gambar ini; berarti tinggi/lebar spanduk sudah ditetapkan.

Cara Mengukur Spanduk Di Corel

Sekarang tinggal menentukan lebar spanduknya ke 6 meter. Perkecil kembali area kerja, lalu ambil garis lagi (garis vertikal) dan tempatkan ke angka 6 meter setelah sebelumnya unitnya dikembalikan ke meters. Pada langkah terakhir ini caranya cukup simpel. Perbesar (zoom) lagi bila perlu, agar garis memang benar-benar tepat pada titik 6 meter. Maka hasilnya dapat dilihat pada gambar di bawah;

Cara Mengukur Spanduk Di Corel

Cara menentukan ukuran spanduk di Corel ini juga merupakan dasar untuk membuat ukuran plakat, prasasti dan sebagainya. Dalam artian masih dapat dikembangkan selain daripada pembuatan spanduk. Bila ingin meningkatkan ke tahap penyelesaian spanduknya, silahkan di baca pada halaman ini cara buat mal tulisan untuk spanduk. Sekian