20 Mar 2016

Kunci Dasar Gitar Palang Bass

Kunci Dasar Gitar Palang BassBila memegang senar gitar bass seperti memegang jempol saja. Bagaimana tidak, tali yang besar, kolom-kolom kunci gagang yang lebar apalagi ada yang memiliki 4 tali senar, membuat jari-jari ektra lebar untuk dapat menjangkau kolom-kolom.

Begitu pula dengan cara penyetemannya yang mirip dengan gitar ukulele. Kalau jari tidak dilapis dengan plester atau tidak memakai pick, bisa-bisa jari cepat bengkak bahkan berair.

Suara gitar bass merupakan patokan dasar instrumen untuk menghitung tempo, ketukan untuk mengharmonisasi kekompakan personil band saat memainkan musik drum, lead gitar maupun suara vokal. Terutama bagi yang ingin mengikuti lomba-lomba band musik. Tetapi belajar bersama kali ini yaitu mengenal tempat titik-titik suara bass pada gitar akustik atau elektrik gitar.

Titik-titik yang ditunjukkan pada gambar kerapkali dipakai saat memainkan gitar listrik rythem sebagai suara pendukung bagi lead gitar ketika memainkan melodi lagu atau improvisasi melodi dan sebagainya.

Namun bisa juga diterapkan pada gitar biasa dengan memakai teknik dub-dub. Artinya, titik-titik kunci bass itu saja yang dipetik sambil telapak tangan bagian atas yang memetik senar menyentuh tali; setengah bunyi dan setengah tidak.

Untuk lebih jelasnya, silahkan diperhatikan gambar di bawah, cukup simpel dan mudah dimainkan terlebih bila memainkannya dengan memakai teknik dub-dub. Suara yang keluar pada gitar biasa layaknya memainkan elektrik gitar dan tentunya didukung dengan penyeteman gitar yang baik pula, karena dasarnya memang ini; (dari kanan ke kiri),

Kunci Dasar Gitar Palang Bass

Petikan loss tanpa menindis tali apapun pada senar-6, maka berbunyi Chord E. Di bawahnya pada senar_5 adalah bass chord A dan di senar_4 adalah D/Dm/Db. Untuk kunci E, silahkan dipraktekkan dengan menindis tali_5 di kolom_2, pakai teknik dub dimulai dari petikan atas ke bawah saja secara berulang-ulang, maka suara musik rocknya akan muncul.

Gambar selanjutnya dan seterusnya itu adalah titik kunci F, G, dan chord palang A. Di mana jari telunjuk menekan tali senar 6 dan jari manis atau memaki jari kelingking menindis tali senar 5. Adapun nama-nama kunci palangnya di sekitaran kolom-kolom gitar tempat penindisan kunci-kunci ini dapat dilihat di Cara Cepat Mengenal Kunci Palang Gitar

Kunci Dasar Gitar Palang Bass

Cara penindisan titik kunci tak berbeda jauh dengan cara di atas, Telunjuk di tali 6 dan jari manis/kelingking di senar nomor 5. Hanya saja, posisi titik chord diturunkan satu tali menyesuaikan nama palang-palang gitar. Sedangkan kunci E_Palang pada gambar terakhir mewakili semua kunci palang pada gambar yang ditampilkan. Coba perhatikan titik lingkaran merah. Inilah maksud dari kunci palang bass.

Ke dua gambar di atas tersusun dari chord/kunci baku yang dimulai dari nada E - F - G - A - B - C - D - dan kembali ke nada dasar E dengan memakai 2 model yang berbeda, agar dapat dipahami letak-letak model palang bass tindisannya. Selamat mencoba