Dokumen Tangki Ukur Minyak adalah merupakan salah satu pembanding pengukuran dari keakuratan ketinggian cairan bbm yang diterima dari truk tangki bbm. Dokumen ini juga sebagai patokan penyuplaian ketinggian yang tertulis pada Delivery Order pengiriman untuk spbu maupun perusahaan. (gambar: ird-scale.com)
Biasanya Dokumen yang dimaksudkan tersebut, dikenal dengan sebutan Buku Tera Truk Tangki. Di mana volume atau daya tampung tangki bbm, didokumentasikan dalam bentuk hitungan isi/volume keseluruhan yang tercatat pada lembar keterangan pengukuran yang telah dilegalisasi oleh Badan Metrologi wilayah setempat melalui tera ulang tahunan.
Pada isi keterangan ketinggian di buku tera tangki, ada yang dinamakan ketinggian T2. Yaitu, ketinggian pengukuran yang dihitung dari dasar tangki truk sampai ijek/jarum baut tera. Yang diwakili dengan penghitungan ketinggian melalui mistar ukur (deepstik)
Sedangkan T1 yang tertulis pada buku tera tangki yaitu, ketinggian pengukuran yang dihitung dari ujung menhole atas tangki sampai jarum baut tera yang berada di bagian dalam menhole tangki. Ada juga keterangan pengukuran menggunakan salib ukur. Yakni, bagaimana mengetahui banyaknya cairan bbm pada lingkaran menhole dengan menghitung diameter lingkaran menhole.
Jadi, Apa Arti 'Kepekaan Di Sekitar Indeks Penunjuk' Dokumen TUM?
Kepekaan indeks penunjukan jarum baut tera sama dengan sensitifitas cairan bbm di jarum/baut tera yang dihitung dari batas ketinggian antara T1 dan T2 tangki truk. Contoh, misalkan Anda mengukur ketinggian truk tangki yang berkapasitas 8 ton (8.ooo liter) dengan ketinggian T2 = 140 cm. Maka, garis cairan bbm yang sejajar dengan ijek baut tera yang ditunjukkan mistar ukur inilah area kepekaan indeks penunjukkan yang dimaksudkan di keterangan kepekaan pada buku tera kendaraan.
Andaikata Anda menggunakan kaca pembesar untuk melihat batas cairan bbm yang menyentuh jarum baut tera. Dapat dipastikan cairan bbm mungkin saja berada di posisi di atas, bahkan di bawah dari jarum baut tera. Karena cairan bbm tidak mungkin tepat betul dengan T2 yang tertulis pada dokumen TUM tangki.
Coba Anda bandingkan kepekaan jarum ijek baut tera tangki yang berada di dalam lingkaran menhole dengan ijek baut tera yang berada di bawah leher menhole tangki. Apa yang Anda temukan? Berapa kekurangan penerimaan yang selama ini Anda terima?. Salam Ajal, Selalu Adajalan.