19 Mar 2014

Cara Buat Mal Tulisan Untuk Bikin Spanduk

Cara Buat Mal Tulisan Untuk Spanduk di CorelDraw X5 Banner ManualCara Buat Mal Tulisan Untuk Spanduk di CorelDraw X5 "Banner Manual" - Semakin merebaknya jasa pembuatan spanduk-banner dengan teknologi print digitalnya, membuat cara lama sedikit demi sedikit mulai ditinggalkan, bahkan sudah sangat jarang sekali ditemui pembuatan spanduk dengan sistem atau cara manual. Memang, jikalau kita memakai cara manual membutuhkan atau proses pembuatannya terbilang memakan banyak waktu dan memerlukan ketelitian saat proses pengerjaannya. Berbeda dengan digital printing yang dipakai saat ini, cukup fokus pada desain. Serta latar belakang yang dibuatpun bisa bervariasi modelnya, tergantung dari keinginan.

Di bawah ini proses awal dari pembuatan spanduk dengan menggunakan cara lama. Yakni, membuat mal tulisan untuk nantinya dilekatkkan pada kain spanduk.

Buka CorelDraw X5 Anda, "New Blank Document" - Ok
  1. Pilih Text Tool (F8) atau klik huruf "A", kemudian ketikkan kalimat yang akan dimasukkan sebagai isi tulisan spanduk.

  2. Jika telah selesai, tekan CTRL + Spasi, maka akan muncul titik-titik hitam di sekeliling tulisan. Klik titik hitamnya lalu tahan + tarik mouse untuk memperbesar huruf.

  3. Pilih model huruf sesuai selera.

  4. Selanjutnya, perhatikan kotak persegi yang berada di atas tabel pilihan warna. Klik kiri warna putih dan klik kanan warna hitam. Setelah itu,  lihat perubahannya.

  5. Jika sudah selesai, perbesar/kecilkan lembar kerja dengan F3 = kecil, F4 = Besar atau tekan Z + klik kiri = Besar, Z + klik kanan = kecil, bisa juga Anda pakai scroll mouse dengan tarik ke belakang/ke depan atau langsung ke Zoom Tool, terserah Anda, mana yang lebih praktis.

Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan gambar dan sesuaikan dengan langkah-langkah dari point 1 (satu) sampai pada point 5 (lima) di atas.
Cara Buat Mal Tulisan Untuk Spanduk di CorelDraw X5 Banner Manual


Perbesar kembali tulisan (point 2). Sekarang, kita akan tentukan berapa panjang maupun lebar/tinggi spanduk yang akan dibuatkan mal tulisannya ini. Misal, kita pakai ukuran 3 meter (X) 1 meter.

  1. Hilangkan titik hitam pada tulisan, maka di toolbar akan muncul drawing unit. Inchi, milimeter, centimeter, meter dan seterusnya.

  2. Kemudian, kita mulai dengan membuat batas ukuran spanduk dengan menarik garis imajinasi yang berada di sudut mistar ke titik "Nol" ke sudut kiri atas lembar kerja. klik + tahan + tarik. (ke tampilan kertas).

  3. Ambil/tarik garis mistar vertikal dan horisontal sampai ke ukuran spanduk yang dibuat. Dekatkan mouse Anda di mistar, lalu klik + tahan + tarik, maka muncullah garis berwarna biru dan merah. Saat penempatan garis ini, optimalkan penggunaan zoom tools demi keakuratan pengukuran Anda. Dengan cara perbesar penempatan garis, zoom di bawah angka pada mistar. Selanjutnya, sesuaikan besar tulisan dengan batas-batas ukuran spanduk. Atau selengkapnya cara pengukuran ini dapat dibaca di Cara Mengukur Untuk Buat Spanduk Di Corel
Simak gambar berikut :

Cara Buat Mal Tulisan Untuk Spanduk
  1. 9. Pastikan tulisan masuk di kertas lembaran kerja. Selanjutnya CTRL + P - Print Preview - klik "Print Tiled Pages"

Cara Buat Mal Tulisan Untuk Spanduk di CorelDraw X5 Banner Manual

Sesuaikan posisi kertas dan tulisan. Setelah itu, silahkan Anda print. Untuk langkah terakhir, rangkai hasilnya (puzzle) dengan menggunakan selotip bening. Dan iris/pisahkan huruf dengan menggunakan cutter (pisau silet). Untuk pengirisan huruf dapat Anda lihat di judul Contoh Irisan Mal Huruf dan perhatikan pula Cara Merapikan Huruf di atas Kain Spanduk Sekian, Wassalam.