9 Jun 2014

Cara Bertamu Yang Baik di Rumah Orang

Cara Bertamu Yang Baik di Rumah OrangBagaimana Bertamu di Rumah Orang - Dalam kehidupan, manusia saling membutuhkan dan saling bergantung satu sama lain. Ketergantungan yang dimaksudkan yakni bukan berarti menyerahkan kehidupan kepada nasib tetapi lebih daripada itu, bahwa manusia serba kekurangan dan juga mempunyai kelebihan. Salah satu kebutuhan manusia yaitu terjalinnya silaturrahim antara yang satu dengan yang lain dapat terwujud dengan kegiatan saling berkunjung atau bertamu. Walau hanya bertamu kita harus tetap menjunjung tinggi adab bagaimana saat bertamu di rumah orang. (gambar: edhisetiawan.wordpress)

Di bawah ini ada beberapa point yang dimaksudkan yang berkaitan dengan bertamu:

Berilah salam terlebih dahulu, walau pada sisi luar pintu sudah ada bel yang berfungsi sebagai penyambung komunikasi dengan tuan rumah.

Upayakan duduk pada posisi tidak menghadap ke salah satu pintu rumah yang didatangi. Ada juga ruang tamu tanpa disertai sebuah kamar. Artinya sebagai tamu bebas memilih kursi, namun pasti ada pintu masuk ke ruang tengah. Hindari berhadapan dengan pintu yang satu ini.

Seringkali ada bacaan mungkin koran, tabloid, majalah yang tersusun dalam sebuah keranjang. Tahan keinginan untuk mengambil bacaan, apalagi jika jaraknya agak jauh dari jangkauan. Kecuali tuan rumah menyerahkan bacaan tadi. Kalaupun harus membaca, batasi waktu sesingkat mungkin. Sebab kedatangan kita bukan untuk membaca.

Jika ada menurut kita ganjil di ruangan tamu jangan dikoreksi, cukup dilihat saja. Walau koreksi itu baik, tentu tuan rumah tidak merasa enak.

Ketika disediakan minuman, jangan segera mencicipinya, sekalipun tuan rumah sudah kenal baik.

Ciptakan suasana yang gembira, hindari menceritakan hal-hal oranglain, terlebih aibnya.

Ingat, batasi waktu bertamu. Sebab kita tidak tahu pasti, mungkin saat bersamaan tuan rumah akan bertamu atau ada janji dengan yang lain. Jangan sampai tuan rumah melirik jam tangannya atau memandang jam di dinding, itu pertanda sedang memburu waktu.

Ketika bertamu, jangan sampai mengganggu tuan rumah seperti merokok atau merusak peralatan rumah.

Hindari meminta sesuatu dari tuan rumah kecuali tuan rumah menawarkan.

Begitu pulang ajak juga sekali waktu bertamu balik ke rumah Anda.

Berkunjung ke rumah orang merupakan sarana kita untuk mempererat silahturahmi dan semoga apa yang telah diuraikan di atas dapat memberikan kita sedikit pemahaman bagaimana bertamu di rumah orang. Sekian Wassalam
Oleh: Sulaiman Pirawan