2 Feb 2015

3 Langkah Dasar Belajar Melodi Gitar

3 langkah Dasar Belajar Melodi GitarJika melihat orang yang begitu lihai bermain gitar, tentunya terlintas di pikiran ingin juga seperti mereka. Cara Dasar Belajar Melodi Gitar - berikut mungkin dapat memberi sedikit pemahaman bagi Anda. Tapi jangan dikira; karena dengan ditulisnya artikel ini, berarti yang nulis jago bermain gitar. Sama halnya dengan Anda, masih tahap belajar juga dan sekadar meneruskan ke Anda masukan-masukan dari orang-orang hebat yang pernah ditemui dalam bermain gitar. Sekaligus sebagai sarana pengalihan saja. Maap sebelumnya, jika tidak dipadukan dengan video tutorial. Kata Pak/Bu Ustadz berbagi itu indah; meski sedikit, tapi semoga dapat bermanfaat bagi oranglain. [Foto/Google search]

Untuk memulai belajar melodi gitar, Silahkan dilihat contoh gambar pada tulisan ini Memulai Bermain Gitar. Bagaimana menurut Anda? Pernah juga belajar dasar-dasar ketukan pada alat musik Drum, berhubung sarana/alat tidak ada, jadinya sebatas pengenalan saja. Dan mungkin inilah kunci utama belajar musik.
Apabila Anda pandai melodi gitar, tapi tidak diikuti dengan pengetahuan tentang penulisan ataupun pembacaan not-not, kemungkinan Anda tidak dapat bersaing di ajang-ajang (perlombaan) bergengsi.
Penyeteman Standar Gitar

Menyetem suara gitar ke penyeteman standar, merupakan langkah awal yang harus diperhatikan. Misal, apabila Anda ingin mengetahui kunci/chord pada sebuah lagu. Dengan seringnya Anda mendengarkan suara standar, maka perpindahan kunci-kunci pada sebuah lagu dapat mudah didapat (feeling pendengaran). Begitupun dengan mencari titik-titk kunci melodi/intro lagu yang dipelajari

Solmisasi

Dari apa yang pernah didengar melalui orang yang belajar gitar di tempat kursus gitar, bahwa mereka lebih ditekankan pada solmisasi atau DO-RE-MI-FA-SO-LA-SI-DO di tiap kolom gitar. Mulai dari tali senar satu, berpindah sampai tali senar enam. Begitupun sebaliknya. Dan juga dari kolom satu, jari-jari berpindah ke kolom gagang berikutnya. Begitu pula sebaliknya. Tujuannya, agar melatih kelincahan jari saat melakukan perpindahan tindisan.

Mengetahui persamaan chord/Kunci

Pada kolom satu dan kolom dua gitar. Terdapat kunci C-D-E-F-G-A-B-C. Misalkan, Kunci/chord A, di kolom mana kunci A ini memiliki persamaan bunyi. Silahkan Anda perhatikan gambar di bawah:


3 Langkah Dasar Belajar Melodi Gitar

Kunci A (gambar_1) memiliki persamaan bunyi pada kolom 5 (gambar 1 = 2,3). Nomor dua, jika Anda menggunakan kunci palang, sedang nomor tiga adalah kunci kecilnya. Untuk mencari dasar melodi sebuah lagu, Anda berpatokan pada gambar 3 pada gambar. Dan jika Anda mencari dasar Bass sebuah lagu, Anda berpatokan pada gambar 2. Untuk lebih jelasnya, Silahkan dibaca melalui judul-judul berikut;
Begitupula apabila Anda ingin mencari chord-chord apa saja yang digunakan pada sebuah lagu. Anda cukup berpatokan pada susunan not yang dituliskan di atas, yakni C-D-E-F-G-A-B. Sebagai contoh, lagu dengan kunci dasar D, maka susunan pencarian kunci lagu tersusun D-E-F-G-A-B-C-D. Jika dasar lagu dengan kunci E, maka pencarian chordnya E-F-G-A-B-C-D. (Perputaran kunci).

Coba Anda perhatikan perubahannya. C-D-E-F-G-A-B-C, D-E-F-G-A-B-C-D, E-F-G-A-B-C-D-E, F-G-A-B-C-D-E-F, G-A-B-C-D-E-F-G, A-B-C-D-E-F-G-A, B-C-D-E-F-G-A-B. Sekali lagi, yaitu perputaran chord.