10 Mar 2015

Arti Dombak dan Tangki Pendam Spbu

Bagi Anda yang sedang mencari tahu tentang - Arti Dombak dan Tangki Pendam Spbu. [Foto/Google search]

Dombak

Dombak adalah tempat dihubungkannya selang bongkar yang bentuknya persegi empat ataupun lingkaran berukuran kurang lebih 40 x 40 centimeter (relatif). Seperti bak yang ditengahnya ada pipa dan letaknya berada di area pembongkaran. Fungsi dombak sendiri, yaitu sebagai wadah untuk menampung/menadah, kiranya ada tumpahan cairan bbm saat berlangsungnya proses pembongkaran dari truk tangki (loading).

Dombak ini biasanya ditandai dengan angka/nomor di atas penutup yang terbuat dari besi plat dan diberi warna sesuai produk bbm. Misalnya, warna kuning untuk Premium (bensin) dan abu-abu mewakili untuk warna Minyak Solar, begitupun dengan warna produk-produk bbm lainnya.

Arti Dombak dan Tangki Pendam Spbu Arti Dombak dan Tangki Pendam Spbu

Tangki Pendam

Layaknya seperti orang minum, kalau dombak diibaratkan mulut pada manusia, maka tangki pendam adalah lambungnya. Tangki pendam memanglah tak terlihat, karena dari penamaannya saja dan ditanam di bawah tanah. Jadi, tangki pendam adalah tempat atau wadah untuk menampung cairan bbm dari truk tangki. Model dan bentuknya pun menyerupai tangki yang terpasang pada truk tangki.

Arti Dombak dan Tangki Pendam Spbu Arti Dombak dan Tangki Pendam Spbu

Hanya saja, penutup atas (menhole) ditutup rapat dengan plat besi berbentuk lingkaran, dikunci dengan deretan baut pada lingkaran penutup. Di tengah lingkaran penutup ini terdapat beberapa pipa. Ada pipa yang dihubungkan dengan dombak, ke mesin dispenser pompa dan pipa yang berfungsi sebagai pipa penguapan. Jika Anda melihat, ada tiang berdiri tegak seperti tiang bendera di area pembongkaran, maka inilah pipa penguapan yang dimaksudkan.