20 Mar 2015

Tips Membersihkan Alat Musik Tiup

Sebelum melanjutkan membaca Tips Membersihkan Alat Musik Tiup -; terlebih dahulu mengingatkan Anda, bahwa bernyanyi ataupun memainkan alat musik itu mempunyai aturan tersendiri. Menurut Pak/Bu Ustadz di buku yang intinya menekankan, agar membaca ayat al-Qur'an dulu sebelum memulainya. Apakah itu bacaan pendek berupa Basmalah atau al-Fatehah.

Alat musik tiup, seperti Si Melly dan Si Monic pada contoh gambar di bawah yang perlu diperhatikan kebersihannya. Dikarenakan, kedua alat musik tersebut bersentuhan langsung dengan gerbang keluar-masuknya bakteri dari tubuh (mulut). Apalagi, jika salah satu alat musik ini di bawah ke gunung. Ditinggalkan sebentar saja, maka semut akan datang mengerumuni. [Foto/Google search]

Tips Membersihkan Alat Musik Tiup Tips Membersihkan Alat Musik Tiup

Padahal seharusnya saat semut mendekat, pasukan-pasukan bawah tanah ini pingsan ataukah angkat tangan sambil tutup telinga akibat dari cairan yang melekat pada Si Melly dan Si Monic. Kawanan semut bukannya mendekat tanpa alasan tertentu; mungkin Anda pernah mendengar, di alat tulis anak sekolah pernah ditemukan zat yang membuat mereka kecanduan layaknya zat adiktif yang ada pada narkotika.

Untuk cara pembersihan dari kuman-bakteri yang melekat pada alat musik tiup, terbilang sederhana. Yakni, Anda cukup memasukkan air panas ke lubang-lubang udara tempat ditiup atau keluar masuknya udara. Atau tuangkan air panas ke dalam wadah tertentu, lalu masukkan alat musiknya. Terutama, pada bagian yang bersentuhan dengan mulut. Cara ini sebaiknya jangan terlalu sering dilakukan, jika dilihat dari jenis bahan dasar alat musik. Karena akan membuat pudar warna. Setelah itu, keringkan dengan lubang menghadap ke bawah.

Lakukan Tips Membersihkan Alat Musik Tiup, tiap kali akan berpindah tangan. Dikhawatirkan penyakit yang tanpa disadari, bisa saja tertular ke oranglain. Berhubung alat musik tiup sifatnya pribadi.