6 May 2015

Biaya Menyelenggarakan Festival Musik

Biaya Menyelenggarakan Festival MusikKebetulan arsip Biaya Menyelenggarakan Festival Musik - masih tersimpan, tapi sudah kadaluarsa silahkan disesuaikan dengan kebutuhan kelengkapan yang berlaku sekarang, karena ini sekadar patokan dasar untuk memulai menyusun anggaran kegiatan festival. Kendati, mungkin tidak seperti yang Anda susun ataupun direncanakan. Maklum, penyelenggara kegiatan hanyalah sekumpulan orang yang tidak mengeyam pendidikan tinggi. Berhubung motivasi mengadakan kegiatan musik niatnya untuk hijrah dari lorong hitam serta membuktikan, bahwa Kami Bukanlah Parasit di Tengah Masyarakat. Dan Alhamdulillah, 2 (dua) kali sukses menggunakan pola anggaran ini pula. [Foto/Google search]

Festival Musik pertama bergenre Rock, menghadirkan bintang tamu dari band terkenal dengan mengangkat tema sehubungan 'Hari Kesaktian Pancasila' yang memperebutkan Piala tetap Bapak Walikota. Di Festival kedua, masih aliran yang sama, dipadukan dengan Lomba Fashion Busana; 'Hari Sumpah Pemuda' memperebutkan Piala tetap Bapak Kapolres. Langkah-langkah umumnya ada juga di Cara Menyelenggarakan Festival Musik

Adapun Rancangan Anggaran Biaya dapat sedikit 'dipress', karena Mabes kegiatan berpusat di sebuah percetakan sederhana. Jadi, mengenai kelengkapan administrasi persuratan dan sebagainya dibuat sendiri + Lobi-Lobi. Awal kegiatan dimulai dari Membentuk Organisasi sampai hari penyelenggaraan kegiatan, yakni 3 (tiga) bulan lamanya. He.. he.. he.. lama ya? soalnya, cari fulusnya lama juga.
Anda-Anda adalah orang hebat, jangan sampai kegiatan yang sedianya dilaksanakan hanya "Panas - Panas Taik Ayam..! (Maaf)" Persamaan visi, power of solidarity (kekompakan), dan persamaan persepsi mesti dikedepankan. Pilih Ketua Pelaksana yang bukan "Tong Kosong Nyaring Bunyinya, Slank". Selanjutnya, "Welcome To The Jungle, Guns N Roses" Rock On...!
Publikasi dan Dokumentasi

Spanduk + Pajak 10 lembar @ Rp. 40.000Rp. 400.000
Sticker Promosi 100 lembarRp. 250.000
Selebaran 5 rim @ Rp. 20.000Rp. 100.000
Baliho/poster/Panflet 10 lembar @ Rp. 20.000Rp. 200.000
Publikasi Rolling ShowRp. 150.000
Room Film + Cuci CetakRp. 200.000
Spot Iklan Radio Durasi 120 DetikRp. 250.000
Iklan Media Cetak 3 KaliRp. 100.000
Transportasi Dan Lain-LainRp. 150.000
Total Publikasi dan DokumentasiRp.1.800.000

Perlengkapan

Sewa Gedung 1 MalamRp. 350.000
Kostum Panitia Sebanyak 70 OrangRp. 700.000
Atribut Panitia Sebanyak 70 OrangRp. 140.000
Piagam Peserta 150 LembarRp. 225.000
Pembuatan Karcis Penonton (bila ada)Rp. 300.000
Dekorasi PanggungRp. 300.000
Undangan VIP untuk Pembukaan dan PenutupanRp. 250.000
Sewa alat Band + SoundsytemRp. 2.000.000
Honorarium Tim JuriRp. 300.000
Transportasi dan Lain-Lain Rp. 300.000
Total Perlengkapan Rp. 4.865.000

Hadiah Pemenang

Juara 1, Trophy + Piagam + Plakat + Uang TunaiRp. 1.500.000
Juara 2, Trophy + Piagam + Plakat + Uang TunaiRp. 1.000.000
Juara 3, Trophy + Piagam + Plakat + Uang TunaiRp. 750.000
Harapan 1, Trophy + Piagam + Uang TunaiRp. 500.000
Harapan 2, Trophy + Piagam + Uang TunaiRp. 400.000
Harapan 3, Trophy + Piagam + Uang TunaiRp. 300.000
Band Favorit, Trophy + Piagam + Uang TunaiRp. 200.000
Best Vocal, Piagam + Uang TunaiRp. 150.000
Best Guitar, Piagam + Uang TunaiRp. 150.000
Best Bassist, Piagam + Uang Tunai Rp. 150.000
Best Rhytem Guitar, Piagam + Uang Tunai Rp. 150.000
Best Drummer, Piagam + Uang Tunai Rp. 150.000
Best Keyboard, Piagam + Uang Tunai Rp. 150.000
Total untuk Semua Kategori Pemenang Rp. 5.550.000

Jadi, Total Keseluruhan Anggaran BiayaRp. 12.215.000

Menyelenggarakan perlombaan Festival Musik dapat dijadikan alternatif, sebagai sarana untuk menyuarakan aspirasi kepada pemerintah. Dan telah dibuktikan dengan dibangunnya Gedung Kesenian di kampung kami. Jadi, bukan hanya seremonial belaka ataupun eksistensi diri. Namun inilah jiwa dari Musik Rock, Chaos OR Peace. Sok Rocker.. Hi..hi..hi.. padahal lebih senang musik Daerah, Melayu dan Dangdut.