16 Sept 2015

Cara Memulai Event Festival Musik

Merealisasikan program kerja Organisasi seperti menyelenggarakan lomba musik, akan terasa berat bila hanya mendengar alunan suara dari vokalis. kita butuh hentakan drummer untuk memberi semangat, patokan musik dari bassist, lengkingan senar gitar yang keluar dari sound-system ribuan watt serta suara-suara background dari keyboard. Semua harus berjalan beriringan

Cara Memulai Event Festival Musik

Secara teknis, jika dua hari atau tiga hari sebelum hari 'H' telah memastikan kesiapan Tim Juri, Aparat Keamanan dan seterusnya (Rapat konsolidasi-koordinasi), selanjutnya menyiapkan konsep 'Susunan Acara'. Bila kegiatan festival memperebutkan piala bergulir/piala tetap salah satu petinggi daerah atau pada acara tersebut mengundang petinggi daerah/orang tertentu dan sebagainya.

Tentu pada susunan acara diisi dengan kata sambutan dari petinggi daerah yang dimaksudkan/mewakili sekaligus meminta kesediannya untuk membuka acara. Juga pada susunan acara diisi himbuan dari pihak keamanan kemudian ditutup oleh Ketua Pelaksana, menyampaikan ucapan terimah kasih atas partisipasi semua pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan. Baik itu sponsor, terlebih lagi rekan-rekan panitia.

Namun apabila pembukaan ingin yang simpel, cukup menyerahkan ke MC atau sepatah kata dari Ketua Pelaksana kegiatan untuk membuka. Susunan acara pembukaan 'opening' kalau bisa dikemas sesingkat mungkin, mengingat waktu jalannya perlombaan.

Intinya, bila memulai acara festival musik yaitu ada pada MC. Tinggal bagaimana menyampaikan hal-hal yang diinginkan. Termasuk lembar nomor urut band-band musik yang akan bertanding, yang diambil dari pencabutan/lot arisan nomor urut saat technikal meeting sehari sebelum pelaksanaan. Selebihnya, panitia yang meng-handle di belakang layar.

Sekadar tambahan bila acara sudah berjalan, agendakan juga waktu rehat sekitar 15-30 menit. Bisa dengan membacakan doorprize dari sponsor (games), menampilkan band bintang tamu, atau bila ada band panitia silahkan untuk mengisi waktu istirahat.

Inilah sedikit informasi singkat Cara Memulai Event Festival Musik. Utamanya kekompakan antar anggota panitia harus selalu terjaga. Tetap berdo'a, kesampingkan hal-hal yang bersifat pribadi, satukan misi dan visi. Karena suksesnya kegiatan Organisasi ada di tangan Anda-Anda sekalian. Semoga acaranya berjalan sesuai dengan harapan. Aamiin yaa rabbal 'alaamiin!