22 Mar 2016

Bagaimana Mengikuti Lomba Band Musik

Memang ada keseruan tersendiri mengikuti event perlombaan band musik pelajar. Apalagi bila melihat tingkah laku peserta sebelum tampil membawakan kategori lagu wajib maupun lagu pilihan bebas. Ada yang push up terlebih dahulu, teriak-teriak di belakang panggung sampai ada yang keluar masuk toilet saking tegangnya.

Tak cuma itu, setelah di atas panggung sambil menyetem alat, sesama personil mengingatkan vokalis agar menghitung ketukan sebelum memulai bernyanyi. Ataukah mengingatkan yang pegang drum dan bass agar memberi kode khusus bagi personil lain. Setelah turun dari panggung pun, bila ada mainan yang salah pasti jadi bahan perdebatan dan saling menyalahkan satu sama lain. Namun begitu, ujung-ujungnya pasti tertawa juga.

Hari 'H' perlombaan merupakan hari penentuan untuk membuktikan sejauh mana latihan yang dijalani tidak sia-sia. Kendati mungkin pada saat pengumuman lomba, tidak mendapat juara sama sekali atau hanya mendapat predikat juara dengan kategori band harapan.

Bagaimana Mengikuti Lomba Band Musik
Bagi teman-teman yang kebetulan akan mengikuti lomba band terutama bagi yang kali pertama menginjakkan kaki di panggung perlombaan. Jauh hari sebelummnya, tentunya harus mengetahui apa-apa saja yang dinilai oleh tim juri atau aspek-aspek penilaian ketika lomba sedang berlangsung. Antara lain;
  • Opening
Jangan lupa, memberi penghormatan kepada penonton terlebih kepada tim juri. Tidak usah berlebih-lebihan, cukup berbaris sejajar di depan panggung lalu setengah membungkuk setelah stick drummer diketuk-ketukkan sebanyak tiga kali. Begitupun ketika selesai membawakan lagu dan akan turun dari panggung. Ini termasuk dalam point penilaian kesopanan
  • Penguasaan Alat/Musikal
Perhatikan sound system, apabila sound disegel berarti tidak diperbolehkan menyentuh sound. Kalau tidak, silahkan diatur sendiri. Khusus buat gitaris, apabila membawa gitar dan efek sendiri. Pastikan semuanya telah disetel dengan baik. Jangan sering membunyikan gitar kecuali saat menyamakan dengan bass. Karena batas penyetelan alat musik maksimal 5 menit. Jadi menyamakannya harus cepat dan akurat. Upayakan semua suara alat yang keluar dari sound system itu seimbang.
  • Penguasaan Materi Lagu
Bagaimana vokalis menjiwai lagu yang dibawakan secara baik, benar, pas dan tidak ada lirik yang hilang. Karena tim juri bila lagu wajib, juga mendengarkan melalui earphone lagu yang dinyanyikan. Di sini vokalis harus bisa membedakan antara aksi panggung orang konser atau pentas dan aksi panggung dalam perlombaan.
  • Kekompakan
Maksudnya, stage act dan performance yaitu menampilkan aksi panggung yang sesuai dengan lagu yang dibawakan. Kalaupun ketika melakukan aksi panggung dan tiba-tiba senar gitar putus. Tetap mainkan saja musiknya seolah-olah tidak terjadi apa-apa. Dan ingat selalu, bahwa ini merupakan perlombaan dan bukan sebuah pentas.
  • Kreatifitas
Penilaian tim juri bukan hanya terfokus pada lagu yang dimainkan, tetapi juga pada keseragaman kostum yang dikenakan serta pengaturan penampilan. Sopan, simpatik dan menarik serta dapat memberikan spirit membangun citra sebagai anak-anak kreatif dan berbakat Indonesia.

Mengikuti lomba band musik tujuannya bukan untuk menang, tetapi lebih ke menorehkan sejarah perjalanan hidup. Kalaupun hari ini belum mendapat predikat juara, masih ada perlombaan-perlombaan lain yang menunggu kita tuk menjuarainya. Sekian, Wassalam; Sampai jumpa di lain waktu.. Zzz..