9 Mar 2016

Chord Melodi Gitar We Will Not Go Down

Chord Melodi Gitar We Will Not Go DownJangan dikira dengan adanya tulisan melodi gitar yang dinyanyikan oleh Michael Heart ini, teman-teman beranggapan bahwa yang nulis adalah seorang jago gitar; Anda 100 persen salah. Entah mengapa, saat belajar solmisasi tiba-tiba nada yang dimainkan mirip dengan melodi song for gaza.

Sebagai pemula gitar, melodi yang dimainkan dalam lagu tersebut terbilang cepat. Meski mendengarkan secara berulang-ulang, tetap saja belum bisa menangkap tempo ketukannya. Akan tetapi setelah mencoba menyamakan suara gitar dan lagu, akhirnya sedikit demi sedikit temponya mulai dipahami.

Bila dicermati, tempo melodi seperti pasukan yang sedang berbaris kemudian membentuk formasi di garis depan. Adapun melodi yang dimaksudkan setelah deretan bait lagu berikut;
We will not go down.. In the night, without a fight. We will not go down.. In Gaza tonight; yang berada di titik klimaks. Ketukan cepat dan bergetar yang disertai dengan bunyi tekanan senar-senar gitar secara berulang-ulang di akhir petikan chord melodi song for gaza yang bergenre pop ~ rock ini. Menggambarkan, seolah-olah kepalan tangannya menahan amukan gejolak dalam dada.
Chord Melodi Gitar We Will Not Go Down

Diingatkan kembali bagi teman-teman, bahwa inti mencari melodi gitar ada pada awal kunci atau chord sebuah lagu. Di mana memulai kuncinya, maka kolom disitu pula tempat mencarinya. Dan upayakan agar suara gitar disamakan dengan bunyi musik lagu.

Silahkan diperhatikan arah pergerakan tanda panah. Melodi dimulai di kolom A_minor palang pada senar 3 kolom 7. Petik satu kali titik merah, berhenti sejenak lalu petik sekali lagi kemudian lanjutkan mengikuti pola pergerakan (1). Yang ditunjuk ujung anak panah itu maksudnya, kembali menindis yang sudah ditekan sebelumnya. Begitu pun dengan pola pergerakan (2). Pola satu empat ketuk, sedangkan pola kedua tiga ketukan. Ulangi sampai benar-benar paham bunyinya.

Chord Melodi Gitar We Will Not Go Down

Pada pola pergerakan (3), yang berubah di sini cuma posisi titik awal tindisan yang berada di tali senar tiga. Selanjutnya, geser; turunkan titik awal ke kolom di sebelahnya. Di situ ada tanda transit/persinggahan sambil tali senar dipetik berulang-ulang seperti bunyi saat memainkan alat musik tradisional angklung. Tahap pertama melodi sampai di kolom ini. Agar lebih jelas ketukannya, silahkan ulangi dari pertama sebelum melangkah ke tahap kedua.

Chord Melodi Gitar We Will Not Go Down

Jika Pola pergerakan jari (1) dimulai pada senar tiga kolom tujuh dengan empat kali petikan dalam satu gambaran pola. Maka pola (5) dimulai dari tali senar empat dengan lima kali petikan dalam satu pola, termasuk titik merah awalnya. Sampai pada pola (6) ini, semua arah pergerakan jari hanya berputar-putar di tali senar dua dan tiga. Kecuali, senar empat yang sekali saja dipetik.

Chord Melodi Gitar We Will Not Go Down

Pola (7) memang terlihat mudah, tetapi bila tidak dikesinambungkan dengan pola (6). Ending mungkin sulit dipahami, dikarenakan pengulangan tindisan cepat yang dibarengi petikan-petikan seperti suara angklung.

Namun begitu, meskipun cara memetik tali tidak seperti tempo lagu sebenarnya, asalkan teman-teman sudah memahami ketukan-ketukan dari lagu we will not go down. Lambat laun nantinya akan tahu juga, tinggal bagaimana mengulang-ulanginya saja atau dengarkan lagunya secara berulang-ulang. Selamat mencoba..