1 Sept 2014

Bongkar Rahasia Oknum Sopir Tangki Mengambil Solar Perusahaan (Industri)

Bongkar Rahasia Oknum Sopir Tangki Mengambil Solar Perusahaan (Industri)

Bongkar Rahasia Oknum Sopir Tangki Mengambil Solar Perusahaan (Industri)- Banyak cara ataupun trik-trik khusus yang digunakan oleh oknum awak truk tangki dalam mengambil bbm, apalagi kalau bbm yang akan diantarkan itu ke perusahaan. Perusahaan-perusahaan besar mungkin tidak begitu memperhatikan masalah susut bbm dibandingkan dengan Spbu, dikarenakan perusahaan lebih disibukkan dengan target produksi. [Foto/Google Search].

Namun seiring waktu berjalan, sejak diberlakukannya sistem pelayanan maksimal dan pengendalian susut oleh pertamina. Cairan bbm yang tadinya di atas ijek baut tera, kini disesuaikan dengan ketinggian dari ijek baut tera pada kompartemen tangki truk. Jadi, Bagaimana Cara Sopir Tangki Mengambil Solar Perusahaan (Industri)?. Melalui postingan ini, semoga Sahabat Selly mendapat jawaban dari apa yang ditanyakan beliau melalui email, berhubung keterbatasan pengetahuan yang saya miliki.

Dari apa yang pernah disaksikan saat mengikuti truk tangki yang akan bongkar ke perusahaan, Si sopir truk tangki akan mencari tahu terlebih dahulu siapa yang nantinya bakal membongkar bbm. Atau bisa dibilang mencari tahu kondisi perusahaan/orang yang akan menerima bbm Solar. Ini dimaksudkan agar oknum awak sopir tangki yang berniat mengambil bbm perusahaan, dapat berjalan sesuai dengan rencana. Dan biasanya didukung pula oleh orang dalam (oknum) perusahaan itu sendiri.

Ketika truk tangki industri tiba di perusahaan, oknum awak truk tangki dan oknum perusahaan mulai negosiasi berapa liter yang akan disimpan. Koneksi oknum awak sopir tangki industri mulai dari oknum security sampai bagian penerimaan bbm dan seterusnya. Caranya yaitu, menjalankan standar prosedur pembongkaran seperti biasanya, namun saat cairan bbm hampir habis di dalam kompartemen tangki, si oknum akan menghentikan/menutup kopling pipa pembongkaran truk tangki. Sedangkan oknum security akan berpura-pura memastikan, bahwa kompertemen tangki betul-betul dalam keadaan kosong

Cara yang telah disebutkan di atas mungkin dipergunakan jika oknum-oknum tersebut mengambil solar perusahaan dengan skala besar. Ada juga cara lain yang pernah saya saksikan dari oknum pengantar bbm solar industri, yakni hampir sama dengan cara di atas yang membedakannya hanya ketika truk tangki akan melewati pemeriksaan security, si oknum akan memasukkan handuk kecil ke dalam pipa pembongkaran. Tujuannya agar saat security menarik kopling, cairan bbm tidak keluar. Nampak sederhana, namun dibutuhkan kejelian di dalamnya.

Adapun kasus yang pernah ditemui yang berkaitan dengan susut bbm di perusahaan ini. Si oknum memutus segel (memanipukasi segel) metrologi yang terpasang di lingkaran besar menhole truk tangki, lalu si oknum menyimpan ember dan mengantungkannya di dalam kompertemen. Petak/plat pemisah di dalam kompertemen tangki itu dimanfaatkan oleh oknum awak truk tangki sebagai penghalang jikalau pihak perusahaan memeriksa dengan senter. Ada juga yang menambah tinggi lubang pipa yang terdapat di dasar kompartemen tangki. Jadi, bagaimanapun cara pengurasan cairan dilakukan, cairan bbm tidak akan keluar. Tapi, ada salah satu trik oknum sopir tangki yang belum bisa saya bagikan ke Sahabat Selly, berhubung trik yang satu ini masih belum saya perjelas dari sumber saya. Karena trik yang satu ini betul-betul memodifikasi tangki, yaitu memasukkan drum/sejenisnya ke dalam kompertemen tangki truk.

~ Utus seseorang yang dipercaya untuk melihat langsung proses loading di depot, mengukur langsung ketinggian cairan bbm, mencatat jam keluar dan jam tiba di perusahaan Anda.

~ Jika ada sedikit saja yang dicurigai dari truk tangki ataupun awak sopir transportir, segera laporkan ke pemilik kendaraan.

~ Jangan terlalu akrab dengan awak truk tangki. Meski pribadi orang berbeda-beda.

~ Pergunakan jasa transportir yang pemimpinnya betul-betul memperhatikan masalah pencurian bbm.

~ Pahami sifat-sifat cairan bbm, karena bbm rentang dengan perubahan suhu. Baiknya sekali-kali mengawal langsung pengiriman bbm dikala masuk musim penghujan dan bandingkan ketinggian yang biasa Anda terima. Lakukan ujicoba dengan satu kendaraan saja. Cara saya melakukan ujicoba Di Sini