5 Feb 2016

Bagaimana Melamar Sebagai Driver Tangki BBM

Melamar pekerjaan sebagai awak sopir tangki bbm, berarti harus siap pulang di luar daripada jam kerja normal dan tidak dibatasi oleh hari libur Nasional. Inilah konsekuensi dari profesi dibidang pelayanan publik yang mesti diketahui sebelumnya.
Pergi pagi pulang subuh, anak berangkat sekolah kita masih terlelap tidur. Waktu berkumpul bersama isteri pada malam hari berkurang. Jadi untuk mensiasatinya, pada hari Sabtu atau Ahad, anak-isteri dibawa. Itupun jangan sampai ketahuan dari perusahaan. Kalau tidak begini, anak bisa kehilangan figur seorang Bapak (Model sopir yang baik).
Bagaimana Melamar Sebagai Driver Tangki BBM

Pada dasarnya memasukkan permohonan lamaran untuk menjadi sopir tangki sama dengan melamar pekerjaan lain. Hanya saja posisi sopir tangki terbatas dilihat dari berapa banyak armada yang bergerak melayani spbu atau perusahaan.
Mungkin ada anggapan, bahwa truk tangki ataukah kapal tanker yang selama ini melayani Spbu dan depot itu semuanya adalah milik Pertamina.
Pada awalnya, pihak Pertamina mempercayakan semua pelayanan pengangkutan bbm kepada perusahaan/pengusaha yang telah memiliki nomor agen penyalur minyak. Pengusaha diberi kesempatan memasukkan kendaraannya sekaligus mendaftarkan sopir yang nantinya mengawaki.

Di sini, manajemen perusahaanlah yang memutuskan siapa yang nantinya diutus untuk mengawaki truk tangki tersebut. Meski begitu, gaji sopir ditentukan perusahaan sesuai dengan besaran penghasilan dari truk yang dikontrak pertamina; tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan pengangkutan.

Kalau untuk saat ini, sopir yang pernah direkomendasikan perusahaan, kini dialihkan dan penggajiannya telah ditanggung oleh kontraktor rekanan pertamina. Dengan kata lain, sopir milik perusahaan pengangkutan tlah berpindah tangan menjadi sopir rekanan pertamina. Sedangkan armada perusahaan, dikontrak oleh rekanan Pertamina sesuai dengan syarat kelayakan kendaraan.

Itulah mengapa, yang mengisi posisi driver kebanyakan dari sopir-sopir tangki yang sebelumnya adalah sebagai awak tangki perusahaan pengangkutan. Selain mengawaki tangki, ia pun sebagai penghubung antara pemilik kendaraan dengan rekanan Pertamina sesuai isi draft perjanjian tentang pertanggungjawaban kendaraan apabila mengalami kerusakan atau kecelakaan.

Kesimpulannya, silahkan memasukkan permohonan Anda ke perusahaan pemilik kendaraan pengangkutan. Ataukah memasukkan pula lamaran Anda ke rekanan pertamina yang menangani masalah pemuatan bbm. Perwakilan kantor beralamatkan di area depot pertamina juga. Namun jangan berharap banyak, karena yang diutamakan adalah orang pribumi atau orang yang berada di area depot pertamina.

Apalagi lingkup pertamina memang masih sarat akan kekeluargaan. Kalau bukan keluarga terlebih bila tidak mempunyai relasi yang berpengaruh di dalamnya, maka peluang untuk dapat pekerjaan sangat kecil (kolusi). Kontraktor rekanannya saja itu adalah para pensiunan petinggi pertamina yang membentuk organisasi yang disebut PATRA.