26 Jun 2014

Pengaruh Baut Tera Terhadap Susut BBM

Pengaruh Baut Tera Terhadap Susut BBM di SpbuPengaruh Baut Tera Terhadap Susut BBM di Spbu - Transformasi perubahan dari pola lama ke pola baru sedikit banyak telah memberi pengaruh tersendiri terhadap dampak susut bbm di spbu. Utamanya itu, penyesuaian baut tera/ijek baut dengan posisi cairan bbm yang berada di kompartemen tangki. Bagi kita yang pernah melalui masa transisi ini, pastinya merasa heran. Ijek baut tera benar-benar sejajar dengan tinggi cairan bbm, dibandingkan pada waktu sebelumnya ijek baut tera tidak terlihat jika kita membuka menhole. Ini dikarenakan cairan bbm berada di lingkaran atau di atas ijek baut tera dan penyesuaian posisi ijek baut tera yang sejajar dengan ketinggian cairan bbm dapat dimanfaatkan oleh oknum tertentu. Meskipun tidak menggeser segel yang melilit di dalam kompertemen tangki, tapi dengan mengetahui serta memahami rute yang dituju dan memadukan daripada sifat-sifat bbm, maka besar peluang Pengaruh Baut Tera Terhadap Susut BBM di Spbu dapat terjadi.
Untuk memperjelas lagi maksud dari paragrap di atas melalui sketsa gambar berikut, kita akan mencoba membandingkan antara cairan bbm yang berada di menhole dengan cairan bbm yang berada atau sejajar dengan ijek baut tera
Pengaruh Baut Tera Terhadap Susut BBM di Spbu
Perhatikan posisi cairan bbm jika berada di menhole kompertemen (pola lama). Misalkan sebelum proses pembongkaran dimulai, terlebih dahulu masukkan deepstik ke dalam kompertemen tangki dan catat berapa ketinggian cairan. Selanjuntya kita mengambil ember bongkar dengan kapasitas kurang lebih 10 liter kemudian tarik tuas bongkar/kopling truk tangki. Berapa ketinggian cairan setelah kita keluarkan. Contoh ketinggian awal 140 cm setelah dikeluarkan sebanyak 10 liter, maka ketinggian turun ke posisi 137 cm. Artinya, jika ketinggian berkurang 3 cm berarti kekurangan = 10 liter.
Pengaruh Baut Tera Terhadap Susut BBM di Spbu
Perhatikan pula jika posisi cairan bbm berada atau sejajar dengan ijek baut tera (pola baru). Masih seperti pada cara perbandingan pertama di atas. Misalkan kita mengukur ketinggian 132 cm, setelah dikeluarkan sebanyak 10, maka ketinggian turun ke posisi berapa?, ada tidak perubahan yang kita temukan. Bagaimana pula kalau kita memakai ember 20 liter. Ada tidak perubahan dari ketinggian saat kita keluarkan?.
Untuk selanjutnya, silahkan uji coba di spbu dari kedua cara tersebut dan semoga ke depannya kita dapat menemukan solusi dari Pengaruh Baut Tera Terhadap Susut BBM di Spbu. Wassalam.