20 Dec 2015

Cara - Cara Pengumpulan Dana Kegiatan Festival Musik

Bagi teman-teman yang berencana membuat/mengadakan suatu event kegiatan atau planningnya sudah berjalan, namun di lain sisi kewalahan dalam hal pengumpulan dana dikarenakan kurangnya link maupun koneksi dari pengajuan proposal untuk mendapatkan sponsor kegiatan.

Semisal anggaran yang dibutuhkan belum memenuhi rancangan anggaran kegiatan. Contohnya mengadakan kegiatan festival musik, tetapi tidak ada sponsor utama/pendamping. Di mana sponsor-sponsor tersebut mau membiayai seluruh; 100 persen dari anggaran proposal yang diajukan atau separuh dari rancangan anggaran kegiatan yang diajukan. (Gambar/Foto: Google Search)

Cara-Cara Pengumpulan Dana Kegiatan Festival Musik

Adapun langkah-langkah pengumpulan dana yang dapat ditempuh apabila tidak mendapatkan sponsor utama atau pendamping adalah :
  • Bazaar Musik
Bazaar musik adalah kegiatan pengumpulan dana yang di dalamnya diisi/dihibur oleh live musik. Yakni, dengan menyiapkan satu set alat musik band. Konsep bazaar musik ini layaknya cafe-cafe yang menjual minuman-minuman ringan atau makanan. Hanya saja tarif menu pada bazaar musik; di atas daripada harga rata-rata.

Pengunjung yang datang utamanya anak-anak band dapat memperkenalkan grup bandnya melalui bazaar musik ini. Karena alat musik yang disiapkan tersebut memang diperuntukkan secara umum jadi pelaksana bazaar tidak memonopoli. Bazaar musik ini sekaligus sebagai sarana promosi, bahwa nantinya pelaksana bazaar akan mengadakan lomba band.
  • Penjualan Kue Ke Instansi Pemerintah
Cara pengumpulan dana selanjutnya adalah Penjualan Kue Ke Instansi Pemerintahan/kantor dinas pemerintah. Target penjualan yaitu Kepala Dinas instansi, tapi tidak menutup peluang pegawai-pegawai yang ada di lingkup instansi tersebut juga bisa Anda tawarkan.

Jenis kue yang dijual seperti kue tart (relatif) dan sebagainya. Tinggal bagaimana teman-teman mengemasnya dalam bentuk yang lebih menarik atau kreatif. Dan selebihnya trik penjualan agar kepala dinas tidak dapat menolak kue yang ditawarkan. Sehingga dengan modal sedikit dari bahan pembuatan kue dapat menghasilkan income yang berlipat. Misalkan, kue dengan modal 25 ribu dapat dijual dengan harga 250 ribu sampai 500 ribu rupiah.

Berhubung targetnya adalah kepala dinas yang notabene kebanyakan adalah seorang laki-laki. Jadi, si penjual kue haruslah cewek/gadis/dara/perempuan/wanita yang manis, cantiknya tidak membosankan, anggun mempesona serta cerdas, pintar, cakap dalam hal berkomunikasi, tetapi tetap menjaga sikap sebagai seorang wanita.

Sistem kerja ketika memasuki instansi yaitu secara dadakan sehingga dapat menarik perhatian, apalagi bila Anda menugaskan lima sampai tujuh perempuan. Mau kumisnya melintang dari sabang sampai merauke dijamin ciut. he.. he..he..
  • Penjualan Sticker
Pemilihan isi/tulisan/desain sticker yang diedarkan haruslah bersifat umum. Seperti berisi tulisan/gambar yang menghimbau dilarang merokok di tempat umum atau berisi pesan-pesan moral lainnya. Dengan begini, orang-orang mendapat manfaat dari sticker yang dijual. Berhubung target penjualan tidak membatasi ruang lingkup tertentu. Sebaiknya, mengantongi lembar izin atau rekomendasi dari pemerintah.
  • Amplop Donatur
Pengedaran Amplop donatur juga dapat dijadikan sebagai alternatif lainnya. Seperti halnya dengan penjualan sticker, amplop donatur dapat diberikan kepada siapa saja. Terlebih kepada orang-orang yang respek/simpati terhadap kegiatan remaja.

Cara-Cara pengumpulan dana untuk kegiatan festival musik di atas diharapkan dapat menjadi sebuah solusi dari kebuntuan di tengah sulitnya membuat suatu ajang kegiatan yang berdampak positif, terkhusus bagi dunia remaja.